Comscore Tracker

Jumlah Penumpang LRT Palembang Meningkat Saat Musim Libur Lebaran  

Penumpang meningkat 4-5 kali lipat

Palembang, IDN Times - Pada musim libur Lebaran, jumlah penumpang transportasi masal Light Rail Transit (LRT) Palembang membeludak. Banyak warga yang ingin berpergian dan mencoba menggunakan kereta ringan tersebut.

Hal itu terlihat dari pantauan IDN Times di beberapa titik stasiun seperti Stasiun Bandara, Asrama Haji, RSUD, Garuda Dempo, Demang Lebar Daun hingga stasiun Bumi Sriwijaya. Antusias penumpang LRT ini diakui Manager Humas KAI Divre III, Aida Suryani saat dihubungi, Selasa (11/6).

1. Peningkatan mencapai 4-5 Kali lipat

Jumlah Penumpang LRT Palembang Meningkat Saat Musim Libur Lebaran  IDN Times/Rangga Erfizal

Menurut Aida, peningkatan penumpang selama libur lebaran melonjak signifikan dilihat dari data jumlah penumpang tanggal 3 Juni hingga 10 Juni kemarin yang mencapai 121.381 penumpang.

"Dari data kami jumlah penumpang yang ada sejak tanggal 3 smpai dengan 10 Juni mengalami peningkatan, totalnya 121.381 penumpang," ujar dia saat dikonfirmasi.

Jumlah penumpang di hari biasa hanya mencapai 5-7 ribu penumpang setiap harinya. Namun, untuk musim libur kali ini pihak KAI memprediksi penumpang akan terus bertambah melihat antusias masyarakat selama masa libur lebaran kali ini.

"Peningkatannya bisa 4-5 kali lipat dari hari biasa. Kalau biasa 5-7 ribu penumpang maka dalam satu hari bisa mencapai 20-24 ribu penumpang dalam satu harinya," jelas Aida. 

Baca Juga: LRT Palembang Lakukan Uji Coba Tambah Kecepatan

2. Aktifitas bandara dan jam operasional diklaim jadi faktor pendukung

Jumlah Penumpang LRT Palembang Meningkat Saat Musim Libur Lebaran  IDN Times/Rangga Erfizal

Peningkatan kesibukan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan peningkatan jam operasional kereta menjadi faktor meningkatnya jumlah penumpang yang berpergian dengan kereta.

"Waktu tunggu juga lebih singkat. Sehingga, banyak warga yang mulai menggunakan LRT," jelas dia.

Aida pun menambahkan jika saat ini operasional kereta yang sebelumnya hanya melayani 52 kali perjaanan dalam satu hari meningkat menjadi 58 kali perjalanan.

"Untuk mengantisipasi antusias masyarakat itu kami lakukan prnambahan jam operasional dan hingga pukul 20.32 setiap harinya dengan perhitungan perjalanan sebelumnya 52 kali kini menjadi 58 kali perjalanan setiap hari," ujar dia.

3. Ramai penumpang dari luar Palembang

Jumlah Penumpang LRT Palembang Meningkat Saat Musim Libur Lebaran  IDN Times/Rangga Erfizal

Para penumpang LRT didominasi oleh pemudik yang tengah berada di Kota Palembang. Menurut Rizka Safitri (26) salah satu penumpang asal Batam Kepulauan Riau tersebut, dirinya penasaran dengan kereta listik tersebut. Bahkan jauh sebelum mudik dirinya sudah menargetkan untuk naik LRT.

"Saya dari Batam, kebetulan sedang mudik lebaran. Waktu tahu Palembang ada LRT saya berkeinginan untuk mencoba LRT. Keretanya nyaman, murah, tapi ramai, jadi berdiri," ujar dia.

Hal serupa, juga diungkapkan oleh Erwin penumpang asal Indralaya, Ogan Ilir. Dirinya bersama kedua anaknya dan istri mencoba menikmati libur lebaran dengan menggunakan LRT.

"Dari Indralaya kita naik mobil terus naik dari stasiun DJKA Jakabaring ke Stasiun Bandara. Ini lagi nunggu untuk balik ke stasiun DJKA. Ongkosnya murah, keretanya nyaman," ujar dia.

Baca Juga: Persingkat Jarak Tempuh, LRT Palembang Terus Diuji Coba

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Anata Siregar

Just For You