Comscore Tracker

Mantan Wali Kota dan Gubernur di Sumsel Melenggang ke Senayan

Enam caleg baru terjun ke DPR RI

Palembang, IDN Times - Hasil rekapitulasi pemilihan calon legislatif DPR RI Provinsi Sumatera Selatan menghasilkan 17 nama, enam di antaranya adalah nama-nama baru yang berhasil mencuri suara untuk melenggang ke Senayan.

Walau pun baru akan duduk di legislatif, keenam nama yang ada merupakan wajah lama dalam dunia Politik di Sumsel.

1. Sederet nama caleg dari Sumsel 'wajah lama'

Mantan Wali Kota dan Gubernur di Sumsel Melenggang ke SenayanANTARA FOTO/INASGOC/Septianda Perdana

Adapun nama-nama baru yang terpilih dan diperkirakan melenggang ke Senayan tersebut, adalah mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin, mantan Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki. Keduanya sama-sama maju ke Senayan.

Lalu, mantan Wali Kota Palembang dua periode Eddy Santana Putera, dan mantan anggota DPD RI yang juga anak sulung dari Gubernur Sumsel saat ini, Percha Leanpuri, serta putri mantan Bupati Lubuklinggau Riezky Aprilia, dan Istri Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sri Kustina.

Baca Juga: Artis-Artis Caleg di Dapil Jateng Gagal Melenggang ke Senayan

2. Alex Noerdin meraih suara terbanyak di dapil

Mantan Wali Kota dan Gubernur di Sumsel Melenggang ke SenayanANTARA FOTO/INASGOC/Septianda Perdana

Meski belum ada putusan final hasil akhir dari KPU RI, mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin berhasil meraih suara terbanyak di dapil 2 Sumsel, dengan 145.622 suara. Sedangkan pesaingnya, Percha, mendapat 124.047 suara.

Saat dikonfirmasi, Percha mengaku bersyukur atas perolehan suara Pileg 2019, namun ia mengaku masih akan menunggu terlebih dulu keputusan resmi dari KPU.

"Terus berdoa saja, semoga terpilih menjadi wakil rakyat, biar lah KPU yang menetapkan," ujar politikus Partai Nasdem itu, saat dikonfirmasi.

Percha akan menyiapkan langkah untuk memperjuangkan kebutuhan masyarakat Sumsel di Senayan. Adapun program yang akan diperjuangkan adalah tentang sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan lainnya.

"Yang penting utamakan kepentingan masyarakat, bukan kepentingan golongan," ujar dia.

Tak hanya itu, kata dia, sebagai anggota legislatif dirinya siap menyelaraskan program daerah dengan pemerintah pusat, sehingga ke depan Sumsel dapat lebih maju dan berkembang.

"Fungsi DPR dalam legislasi sangat vital, bukan hanya membahas, namun juga mengesahkan anggaran yang telah dibahas bersama dengan pemerintah," kata dia

3. Hasil keputusan akhir ada di KPU RI

Mantan Wali Kota dan Gubernur di Sumsel Melenggang ke SenayanANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Sementara, Kelly menambahkan proses rekapitulasi di tingkat KPU provinsi selesai dilaksanakan. Proses rekapitulasi berlangsung untuk empat suara, yakni Pilpres, DPR RI, DPR I, dan DPD. Untuk para caleg diharapkan menunggu hasil final dari KPU RI.

"Untuk rekapitulasi tingkat provinsinya telah selesai dilaksanakan, untuk DPR RI dan perwakilan daerah dan Pilpres akan ada tingkatannya lagi yang dilakukan oleh KPU RI," ujar dia.

Baca Juga: Meninggal Jelang Pencoblosan, Caleg di Sumsel Raih Suara Tertinggi

Topic:

  • Rochmanudin

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You