Menhub Budi Karya Mengecek Langsung Jalan Tol Palembang-Lampung

Diharapkan jalan tol Palembang-Lambung segera beroperasi

Palembang, IDN Times - Jalan Tol fungsional Palembang - Lampung akan dibuka menjelang hari Raya Idul Fitri 2019.

Jalan tol yang menghubungkan Kayuagung Provinsi Sumatera Selatan hingga Bakauheni Provinsi Lampung tersebut dipastikan kesiapannya oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Sabtu, (11/5).

1. Jalankan amanat presiden

Menhub Budi Karya Mengecek Langsung Jalan Tol Palembang-LampungIDN Times/Rangga Erfizal

Menteri Budi mengatakan dirinya mendapat perintah dari Presiden Jokowi untuk mempersiapkan jalur dan angkutan mudik 2019. 

"Besok saya dan Menteri PUPR akan ke tiga titik. Pertama Merak untuk mengecek terminal penyeberangan ke Bakauheni, kemudian ke Terbanggi Besar. Kemudian ke Ogan Komering Ilir untuk mengecek Jembatan Kayuagung," jelas Budi, Jumat (10/5).

Baca Juga: Jokowi: Penyelesaian Jalan Tol Balikpapan - Samarinda 14 Persen Lagi

2. Sebelum lebaran harus sudah diputuskan

Menhub Budi Karya Mengecek Langsung Jalan Tol Palembang-LampungIDN Times/Rangga Erfizal

Menurut Budi, pengecekan hari ini bertujuan untuk memastikan apakah bisa sebelum 2-3 minggu hari Raya jalan tersebut dapat dilalui kendaraan.

"Insya Allah 2-3 minggu sebelum lebaran sudah siap. Besok kepastiannya. Ada yang krusial di mana pertama, pembangunan jembatan belum selesai dan kedua ada jalan keluar tol rusak parah. Besok kita pastikan bisa fungsional atau tidaknya," ujar dia.

3. Tol Fungsional untuk kendaraan pribadi

Menhub Budi Karya Mengecek Langsung Jalan Tol Palembang-LampungIDN Times/Rangga Erfizal

Hal serupa diungkapkan oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru. Menurutnya, jalan tol fungsional ini hanya diperuntukkan untuk kendaraan pribadi.

"Nantinya untuk kendaraan pribadi saja dan kecepatannya di tempat-tempat tertentu dikurangi. Yang jelas dengan adanya tol akan mengurangi kemacetan lalu lintas saat mudik lebaran," ujar Deru.

4. Tidak fokus hanya pada jalan tol

Menhub Budi Karya Mengecek Langsung Jalan Tol Palembang-Lampung

Deru mengatakan pihaknya tidak hanya berkonsentrasi pada jalan tol, tapi juga pada jalur lintas timur (Jalintim) dan jalur lintas sumatera (jalinsum) yang menjadi jalur utama pemudik untuk ke arah utara maupun selatan Palembang.

"Kami juga memantau pengerjaan jalan yang dilakukan dengan menggunakan APBN dan APBD kabupaten/kota. Untuk pengerjaan yang menggunakan APBN ada yang batal tender seperti jalan lintas Palembang-Pangkalan Balai penyebab kemacetan panjang. Ini butuh diskresi, saya sudah surati Menteri PUPR. Saya harap Menhub bisa mendorongnya juga ini supaya bisa mengurai kemacetan," ujar dia.

Baca Juga: Sempat Ricuh, Pleno KPU Empat Lawang Dilanjutkan di Palembang 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya