Comscore Tracker

Menteri BUMN Pastikan Tol Lampung-Palembang Beroperasi Lebaran Ini 

Beberapa ruas tol masih fungsional, tapi bisa dilalui kok

Palembang, IDN Times - Usai meninjau ruas jalan Tol Trans Sumatera Lampung-Palembang, Menteri BUMN Rini Soemarno memastikan kesiapan mudik Lebaran 2019 akan siap dilalui meski beberapa ruas jalan masih dibuka secara fungsional.

Dia mengatakan, beberapa ruas tol yang sudah bisa dilalui seperti Bakauheni-Tebangi Besar sudah beroperasi penuh 24 jam. Sedangkan yang menuju Kayuagung dan Palembang masih secara fungsional karena masih dalam tahap penyelesaian.

1. Lakukan tour perdana Tol Trans Sumatera

Menteri BUMN Pastikan Tol Lampung-Palembang Beroperasi Lebaran Ini IDN Times/Rangga Erfizal

Menurut Rini, perjalanan dari Jakarta menuju Palembang dilakukan oleh rombongan Kementerian BUMN sejak Jumat (24/5) lalu. Hal tersebut dalam rangkaian acara Tour Perdana Tol Trans Sumatera Bakauheni-Palembang. Rini datang bersama sejumlah Direksi BUMN.

"Kami berangkat dari Jakarta jam 5 pagi. Alhamdulilah semua lancar jam setengah 4 sore rombongan sudah sampai di Palembang. Kunjungan kerja ini dilakukan guna mempersiapkan arus mudik di hari raya nanti," ujar Rini di Pesantren Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang, Sabtu (25/5).

Meski sudah melakukan pengecekan ruas jalan tol, Rini menyebut jalan tol trans Sumatera tersebut belum rampung seluruhnya namun sudah dapat dilalui.

"Kami melakukan perjalanan dari Jakarta ke Palembang. Memang belum operasional karena masih fungsional. Ada beberapa ruas yang masih fungsional," ujar dia.

Baca Juga: Tarif Tol Diskon 15 Persen Selama Mudik Lebaran, Catat Jadwalnya

2. Beberapa ruas yang masih fungsional

Menteri BUMN Pastikan Tol Lampung-Palembang Beroperasi Lebaran Ini IDN Times/Rangga Erfizal

Rini melanjutkan, beberapa ruas tol yang sudah bisa dilalui seperti Bakauheni-Tebangi Besar sudah beroperasi penuh 24 jam. Sedangkan yang menuju Kayuagung dan Palembang masih secara fungsional karena masih dalam tahap penyelesaian.

"Jalan tol Bakauheni-Tebangi Besar sudah operasional, sedangkan Tebangi Besar - Kayuagung operasional 2 jalur. Untuk Kayuagung-Palembang, satu jalur fungsional. Memang untuk tol Kayuagung-Palembang pengerjaannya sedikit berat karena kondisi medan rawa-rawa," jelas dia.

Pengerjaan tol menurut Rini sudah dikebut sejak September lalu. Namun curah hujan yang tinggi menjadi faktor penyebab mundurnya penyelesaian jalan Tol Trans Sumatera tersebut.

"Kita sudah mengebut pengerjaan sejak September tahun lalu, mulai dari penyedotan air rawa. Tetapi curah hujan begitu besar. Perkiraan akan diaspal bulan Juni mundur sehingga penyelesaian akhir Agustus atau target kita pada hari proklamasi 17 Agustus nanti," terang Rini.

"Sedangkan untuk rest area Bakauheni-Palembang memang masih dibuat sementara karena belum selesai pembangunan tapi, fasilitas full, tempat pengisian BBM, musala, MCK, ada juga UMKM. Insya Allah mudik lancar," imbuh Rini. 

3. Agustus diperkirakan sudah selesai

Menteri BUMN Pastikan Tol Lampung-Palembang Beroperasi Lebaran Ini IDN Times/Rangga Erfizal

Senada dengan Rini, Direktur utama PT Hutama Karya (HK), Bintang Prabowo mengatakan ruas tol Bakauheni-Palembang sudah dapat dilalui untuk mudik lebaran kali ini. Hanya saja untuk Kayuagung sampai Palembang masih secara fungsional dan akan dibuka menjelang hari raya.

"Dari Kayuagung sampai Palembang akan beroperasi juga secara fungsional (satu arah) H-7. Mungkin untuk tol keseluruhan sampai Palembang akan selesai bulan Agustus. Karena masih ada tanah di kiri-kanan masih perlu pengerasan, karena lahannya kurang sempurna, tetapi Agustus sudah bisa operasional," ujar dia.

Peta fungsional yang akan berlaku pada arus mudik lebaran kali ini untuk, tol Kayuagung-Palembang hanya dibuka satu arah. Menurut Bintang para pemudik dari arah Lampung dapat melaluinya saat arus mudik dengan tujuan ke Palembang dan sebaliknya setelah arus balik. 

"Karena fungsional baru satu arah maka saat H-7 lebaran dibuka untuk pemudik dari arah Kayuagung-Palembang. Sedangkan H+7 sebaliknya dari Palembang-Kayuagung. Tol Tebangi besar sudah dibuka dua arah. Persiapan rest area sejauh ini karena baru bebas tanahnya baru dibuat sementara, ada kamar kecil, WC, UMKM. Rest area terdapat di dua jalan A dan B. Kami targetkan sampai Agustus sudah 100 persen," jelasnya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Dwifantya Aquina

Just For You