Comscore Tracker

Gak Cuma di Jakarta, Baliho Rizieq Shihab di Palembang Juga Dicopot!

Polrestabes Palembang menertibkan baliho bersama Satpol PP

Palembang, IDN Times - Penurunan baliho bergambar pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab bukan hanya terjadi di DKI Jakarta. Polrestabes Palembang bersama Satpol PP Palembang juga mencopot baliho Rizieq di tiga titik yang menjadi lokasi pemasangan.

"Penertiban baliho dilakukan semalam sekitar pukul 21.30 WIB, penertiban dilakukan hampir satu jam lebih," kata Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Anom Setyadji, Sabtu (21/11/2020).

1. Pencopotan baliho Rizieq di Palembang dilakukan untuk menyikapi isu nasional

Gak Cuma di Jakarta, Baliho Rizieq Shihab di Palembang Juga Dicopot!Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Anom Setyadji (IDN Times/Rangga Erfizal)

Anom bersama anggotanya menyisir Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Seberang Ulu I, Jalan Datuk M. Akib Kecamatan Ilir Barat I, dan Jalan Syayakirti, Kecamatan Gandus, Kota Palembang. Puluhan baliho yang terpampang di ruang publik langsung diturunkan.

Menurutnya, setiap baliho yang ditempel tidak memiliki izin sehingga menyalahi aturan yang berlaku di Palembang.

"Operasi ini dilakukan untuk menciptakan situasi aman dan kondusif bagi warga Kota Palembang untuk menyikapi isu nasional," jelas dia.

Baca Juga: FPI Soal Baliho Rizieq: Jangan Sampai TNI Berhadapan dengan Masyarakat

2. Baliho Rizieq melanggar Peraturan Wali Kota Palembang

Gak Cuma di Jakarta, Baliho Rizieq Shihab di Palembang Juga Dicopot!Baliho rizieq shihab dicopot petugas gabungan (IDN Times/Polrestabes Palembang)

Sementara itu, Kasat Pol PP Palembang, GA Putra Jaya membenarkan penertiban baliho bergambar Rizieq tersebut. Menurutnya baliho yang ditempel di ruang publik menyalahi peraturan wali kota nomor 17 tahun 2017 tentang pemasangan Atribut Publikasi Individu, Partai Politik, calon Peserta Pemilu, Ormas, dan Organisasi lainnya.

Dia menilai penertiban peraturan wali kota itu dilakukan tidak tebang pilih, siapa yang melanggar dengan memasang baliho tanpa izin akan ditindak dengan pencopotan

"Sejumlah baliho, spanduk, maupun atribut lainnya yang dinilai melanggar. Salah satunya terkait baliho HRS," jelas dia.

3. Baliho rizieq dianggap mengganggu estetika kota

Gak Cuma di Jakarta, Baliho Rizieq Shihab di Palembang Juga Dicopot!Pencopotan oleh tim Polrestabes Palembang (IDN Times/Polrestabes Palembang)

Baliho yang terpampang terkait seruan dan kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia dianggap mengganggu estetika kota baik baliho yang komersial maupun nonkomersial.

"Jadi intinya bukan baliho HRS saja yang ditertibkan. Namun banyak atribut lainnya juga tersebar di sejumlah titik di Kota Palembang," kata dia.

4. FPI wanti-wanti jika ada perlawanan dari masyarakat terkait pencopotan baliho Rizieq

Gak Cuma di Jakarta, Baliho Rizieq Shihab di Palembang Juga Dicopot!Peserta reuni 212 membawa bendera besar dengan wajah Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sebelumnya, anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) mencopot paksa baliho Front Pembela Islam (FPI) dan Rizieq Shihab yang banyak terpasang di area publik. Menanggapi hal itu, Kuasa Hukum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar menegaskan, pihak TNI salah alamat jika menuding baliho tersebut milik mereka.

Alat peraga itu, kata dia, dipasang sendiri oleh masyarakat secara sukarela, bukan atas perintah FPI apalagi Rizieq.

“Ini perlu diingat, baliho-baliho ini bukan punya FPI tapi punya umat, punya masyarakat. Yang pasang umat dan masyarakat. Jadi kalau merasa itu punya FPI salah,” kata Aziz saat dihubungi IDN Times, Sabtu (21/11/2020).

Oleh sebab itu, menurut Aziz, pihaknya tidak melakukan perlawanan ketika TNI mencopot paksa baliho tersebut. FPI justru mewanti-wanti jika masyarakat sendiri yang melakukan perlawanan kepada TNI.

“Kalau dari FPI karena bukan punya kita, kenapa kita ngelawan. Dan jangan sampai aparat TNI berhadapan dengan masyarakat. Mereka itu kan berjuang untuk rakyat,” tuturnya.

Baca Juga: Izin Ormas Belum Diperpanjang Kemendagri, FPI: Kita Jalan Terus!

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya