Comscore Tracker

Tak Terima Ibu Dipukul dan Adik Diperkosa, Pemuda Ini Bunuh Ayah Tiri

Sempat buron sehari, kini ia sudah diamankan kepolisian

Musi Rawas, IDN Times - Seorang pemuda dengan inisial JP (18), warga Desa Prabumulih II Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatra Selatan (Sumsel), ditangkap jajaran Polsek Muara Lakitan bersama tim dari Satuan Reserse Kriminal Polres Mura, sehari usai ia membunuh ayah tirinya, Johan Saputra (49).

Korban tewas dibunuh menggunakan senjata tajam (sajam) jenis pisau. Korban ditusuk sebanyak tiga kali di bagian dada sebelah kiri dan dua di kaki sebelah kiri.

"Tersangka kita tangkap setelah kita lakukan pendekatan ke keluarga karena sempat buron satu hari setelah membunuh. Dia ditangkap di Desa Air Balui Musi Banyuasin," ungkap Kapolres Musi Rawas, AKBP Afrannedy, Sabtu (1/8/2020).

1. Korban dan tersangka sempat bertengkar

Tak Terima Ibu Dipukul dan Adik Diperkosa, Pemuda Ini Bunuh Ayah TiriIlustrasi pembunuhan (IDN Times/ Mardya Shakti)

Peristiwa pembunuhan tersebut dilatarbelakangi rasa sakit hati JP mendengar cerita ibunya, Suryana (48), yang kerap mendapat perlakuan kasar yang berujung pada Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dari korban.

Sat itu, tersangka bersama ibu dan bibinya, Nastina (30) berencana melaporkan perbuatan tersangka ke Polsek pada Kamis (30/7/2020). Namun, korban yang mengetahui niat keluarganya langsung menyusul dan mengadang ketiganya. Di sana kemudian terjadi pertengkaran dan berujung pada penusukan.

"Saat sedang di perjalanan, pelaku ini mencegat kendaraan mereka. Kemudian terjadi keributan antara tersangka dan korban," beber dia.

2. Tersangka mengetahui bapak tirinya memperkosa sang adik

Tak Terima Ibu Dipukul dan Adik Diperkosa, Pemuda Ini Bunuh Ayah TiriIlustrasi pemerkosaan (IDN Times/Mia Amalia)

Tersangka yang melihat langsung perlakuan kasar bapak tirinya itu pun langsung naik pitam. Ditambah lagi, tersangka makin kesal dan emosi saat mengetahui adiknya sudah dua kali diperkosa oleh korban.

"Kasus pemerkosaannya terjadi di Palembang, karena ibu tersangka dan korban tinggal di Palembang," beber dia.

Tersangka yang sudah emosi lantas mengejar korban dan menusukkan pisau yang telah dibawanya ke tubuh dan kaki korban sebanyak tiga kali. Korban sempat berlari namun tidak bisa bertahan dan mengembuskan napas terakhir di TKP.

"Setelah membunuh itulah, tersangka langsung lari," jelas dia. 

3. Tersangka terancam 15 tahun penjara

Tak Terima Ibu Dipukul dan Adik Diperkosa, Pemuda Ini Bunuh Ayah TiriIlustrasi Hukum (IDN Times/Arief Rahmat)

Akibat perbuatan tersebut, tersangka akan dijerat dengan pasal 338 KUHP tentang tindak pembunuhan, dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.

"Sejauh ini kita akan lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tersangka sudah mengakui perbuatannya," tutup dia.

Baca Juga: Petani di Mura Tewas Usai Mencuri Kayu di Kebun Tetangga

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya