Comscore Tracker

Sejarah Baru, Paslon di Ogan Komering Ulu Lawan Kotak Kosong

Ada empat bakal paslon maju di empat kabupaten

Palembang, IDN Times - Dua bakal pasangan calon atau paslon kepala daerah di Ogan Komering Ulu (OKU) dan OKU Selatan, Sumatra Selatan, dipastikan akan melawan kotak kosong pada Pilkada Serentak 2020. Ini menjadi sejarah baru selama pilkada langsung. 

Bakal paslon petahana OKU, Kuryana Azis-Johan Anuar dan paslon petahana OKU Selatan Popo Ali Martopo-Sholehien Abuasir, resmi maju usai perpanjangan masa pendaftaran yang dilakukan hingga Sabtu, 12 September 2020.

"Kita sudah menutup pendaftaran sampai 12 September lalu. Setelah diperpanjang tidak ada yang mendaftar. Sehingga kita pastikan kedua wilayah menghadapi kotak kosong," ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel Kelly Mariana kepada IDN Times, Senin, 14 September 2020.

1. Empat pasangan calon dari empat kabupaten akan menjalani tes kesehatan

Sejarah Baru, Paslon di Ogan Komering Ulu Lawan Kotak KosongKomisioner KPU Sumsel Kelly Mariana (IDN/sidratul muntaha)

Kedua bakal paslon petahana resmi maju dengan dukungan seluruh partai politik. Keduanya maju setelah mengirimkan berkas pada hari pertama pendaftaran, Jumat, 4 September 2020.

"Dalam waktu dekat kedua paslon akan melaksanakan tes kesehatan pada 16-17 September," kata Kelly.

Sedangkan, dua calon lainnya, Musi Rawas Utara (Muratara)-Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), yang sebelumnya absen tes pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, juga akan melakukan pemeriksaan bersamaan.

"Untuk Muratara nanti berbarengan dengan OKU Selatan dan OKU, karena hasil swab terakhirnya negatif dan dinyatakan sehat. Sedangkan untuk PALI masih menunggu hasil swab-nya hari ini," kata Kelly.

Baca Juga: KPU: 738 Pasangan Calon Mendaftar Pilkada 2020

2. KPU sudah tetapkan target partisipasi pemilih

Sejarah Baru, Paslon di Ogan Komering Ulu Lawan Kotak KosongIlustrasi Sekolah di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha)

Kelly menyebut, dalam menghadapi kotak kosong pihaknya tetap menargetkan partisipasi politik yang tinggi. Di OKU, target tersebut mencapai 79 persen, sedangkan OKU Selatan mencapai 77 persen dari jumlah suara.

"Tetap untuk mencapai partisipasi publik yang tinggi kita lakukan sosialisasi, pilkada akan tetap berlangsung dengan menggunakan protokol kesehatan agar aman dari sebaran virus," kata dia.

3. Sejarah pertama kali Pilkada OKU paslon melawan kotak kosong

Sejarah Baru, Paslon di Ogan Komering Ulu Lawan Kotak Kosong(Ilustrasi) IDN Times/Handoko

Pada kesempatan berbeda, Ketua KPU OKU Naning Wijaya menuturkan, bakal paslon yang melawan kotak kosong menjadi sejarah baru di Pilkada Bumi Sebimbing Sekundang itu. Dari empat kali pemilihan, baru kali ini ada lawan kotak kosong.

"Ini jadi pilkada pertama melawan kotak kosong. Kita harap partisipasi politik tetap tinggi. Kami juga akan gencar melakukan sosialisasi lewat media sosial," ujar dia.

Baca Juga: Hasil Tes Positif Narkoba, Bakal Calon Pilkada Barru Terancam Gagal?

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya