Comscore Tracker

Puluhan Siswa Keracunan Makanan, Diduga Akibat Menu Berbuka

Hati-hati dalam memilih makanan, ya

Palembang, IDN Times - Puluhan Siswa Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) dilarikan ke Rumah Sakit Bari Kota Palembang, diduga lantaran keracunan makanan menu berbuka puasa pada Senin (20/5) lalu.

Para siswa yang berjumlah 35 orang merupakan atlet dari berbagai macam cabang olahraga yang bersekolah di SONS. Mereka harus menjalani perawatan intensif karena mengeluhkan pusing, mual, dan diare usai menyantap makanan.

Baca Juga: Resep Baklava, Makanan Khas Turki yang Lezat untuk Berbuka Puasa!

1. Pihak sekolah sempat berikan pertolongan

Puluhan Siswa Keracunan Makanan, Diduga Akibat Menu BerbukaIDN Times/Rangga Erfizal

Melihat banyaknya siswa yang terkulai lemas di asrama membuat pihak sekolah sempat memberikan pertolongan pertama. Hal itu diungkapkan orang tua siswa bernama 
Yaya (32), kalau anaknya sempat diberikan obat sebelum diputuskan dibawa ke rumah sakit.

"Anak saya Rendi, atlet dayung. Kata anak saya, ketika dia terasa mual-mual dan pusing, mereka terlebih dahulu diberikan obat oleh pihak asrama, tapi tidak sembuh. Jadi, Selasa siang dibawa kerumah sakit," jelas dia, Rabu (22/5).

2. Santap mie rujak sebelum mengeluh sakit

Puluhan Siswa Keracunan Makanan, Diduga Akibat Menu BerbukaIDN Times/Rangga Erfizal

Salah satu korban yang diduga keracunan makanan saat berbuka puasa, Ready Saputra (16), mengatakan dirinya mengaku mulai merasa tidak enak badan usai makan makanan yang disantap saat berbuka puasa. Dirinya mengeluh jika badan dan tenggorokannya terasa panas usai berbuka puasa.

"Itu pas berbuka puasa di asrama sekolah, Pak. Kami makan rujak mie. Awalnya perut terasa mual, kepala pusing, badan panas dingin, terus saya muntah-muntah dan dibawa ke rumah sakit," ungkap dia.

3. Kepala asrama benarkan soal keracunan

Puluhan Siswa Keracunan Makanan, Diduga Akibat Menu BerbukaIDN Times/Rangga Erfizal

Sementara itu, Kepala Asrama SONS, Ma'at, saat dikonfirmasi mengungkapkan jika para atlet keracunan saat tengah memakan rujak mie yang disediakan asrama untuk menu berbuka puasa.

"Pihak catering sudah dihubungi oleh kepala sekolah. Kami duga keracunan massal ini disebabkan oleh rujak mie yang dimakan saat berbuka puasa," ujar dia.

Kapolsek Seberang Ulu 1, Kompol Masyestika, usai mendengar kejadian puluhan siswa dilarikan ke rumah sakit, langsung melakukan penyelidikan dengan memanggil pihak-pihak terkait.

"Usai mendengar ini, kita langsung datangi RS dan dugaan sementara penyebabnya karena makanan dari catering. Terkait catering ini, kita akan koordinasikan dengan pihak sekolah," ungkap dia.

 

 

Baca Juga: 2 Jam Berlalu Usai Buka Puasa, Situasi di Bawaslu Masih Ricuh

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Elfida

Just For You