Sapi Presiden RI, Gubernur & Wali Kota Jadi Tontonan Wong Palembang

Pemotongan hewan kurban di Masjid Agung Palembang

Palembang, IDN Times - Usai melaksanakan Salat Iduladha di Masjid Agung Sultan Mahmud Baddarudin I Jayo Wikramo, Minggu (11/8) pagi, warga Palembang tak ingin melewati momen pemotongan hewan kurban yang beratnya melebihi 1 ton. 

Sebenarnya, ada 3 sapi besar yang menarik perhatian masyarakat yakni hewan kurban atas nama Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo, Gubernur Sumsel, Herman Deru, dan Walikota Palembang, Harnojoyo.

"Waw, alangkah besaknyo sapi-sapi itu. Punyo siapo bae itu kak," ungkap Tamrin (12) dengan logat bahasa Palembang, yang turut menyaksikan pemotongan hewan kurban di Masjid Agung Palembang.

1. berat tiga sapi diatas satu ton

Sapi Presiden RI, Gubernur & Wali Kota Jadi Tontonan Wong PalembangIDN Times/Rangga Erfizal

Pantauan IDN Times di Masjid Agung Sultan Mahmud Baddarudin I Jayo Wikramo, sapi milik Presiden Jokowi yang diserahkan ke pengurus masjid merupakan jenis peranakan Ongole (PO) asli India dengan berat 1,1 Ton.

Kemudian sapi milik Gubernur Sumsel, Herman Deru, merupakan sapi jenis Brahman dengan berat 1,1 ton. Sama seperti sapi kurban milik Wali Kota Palembang, Harnojoyo, dengan berat 1 ton. 

"Kami menerima sapi kurban dari Presiden Joko Widodo, Gubernur Sumsel, Walikota Palembang, Bank Mandiri Syari'ah, PT Gojek dan salah satu jamaah. Sedangkan untuk kambing ada 23 ekor," ujar Sarnubi, Ketua Yayasan Masjid Agung Palembang.

2. Sapi Presiden RI, Gubernur Sumsel dan Wali Kota Palembang di potong bergantian

Sapi Presiden RI, Gubernur & Wali Kota Jadi Tontonan Wong PalembangIDN Times/Rangga Erfizal

Pengurus Masjid Agung Palembang melakukan pemotongan sapi besar dari Presiden RI, Gubernur Sumsel dan Wali Kota Palembang tersebut, setelah melaksanakan salat ied. Ketiga sapi yang besar-besar itu ditempatkan berdekatan dan dipegang oleh empat hingga lima orang.

Rencananya pemotongan sapi akan berlangsung hingga pukul 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan pembagian daging kurban pada pukul 14.00 WIB.

"Jam 2 siang, Insyaallah kita bagikan daging-daging ini. Kita membagikan untuk 1.500 kupon bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat yang datang ke masjid ini," jelas Sarnubi.

3. Wali Kota Palembang ajak maknai hari raya kurban untuk kepentingan masyarakat

Sapi Presiden RI, Gubernur & Wali Kota Jadi Tontonan Wong PalembangIDN Times/Rangga Erfizal

Sementara, Wali Kota Palembang, Harnojoyo yang menyerahkan secara simbolis sapi miliknya mengatakan, perayaan hari raya kurban haruslah dimaknai sebagai upaya untuk membangkitkan jiwa sosial, dan saling membantu antar sesama.

"Mari kita maknai teladan daro nabi kita. Kita dituntun untuk berjiwa sosial kita, harus berkurban untuk kepentingan orang di sekitar kita. Yang belum bisa berkorban sapi, kita korbankan tenaga kita demi kepentingan orang lain. Pada prinsipnya, semangat kurban ini agar kita bermanfaat bagi keluarga kita, dan masyarakat," jelas dia.

Baca Juga: Jokowi Kurbankan Sapi India ke Masjid Agung Palembang, Rp85 Juta Lho!

4. Sebelum dipotong, sapi sumbangan Presiden, Gubernur dan Wali Kota jadi objek selfie

Sapi Presiden RI, Gubernur & Wali Kota Jadi Tontonan Wong PalembangIDN Times/Rangga Erfizal

Seperti tahun-tahun sebelumnya, sapi-sapi berukuran besar milik para petinggi di Indonesia dan daerah yang disumbangkan untuk Masjid Agung Palembang ini, selalu mengundang banyak perhatian masyarakat Palembang, 

Tak jarang, warga yang menyaksikan kerap mengabadikan momen mulai dari sebelum pemotongan hingga pembagian daging hewan kurban, lewat smartphone yang sudah mereka siapkan.

Bahkan, warga pun mengajak sapi besar-besar itu ber swafoto. Ada juga sapi yang langsung dipegang-pegang oleh masyarakat tersebut. 

"Hati-hati lepas, nanti di seruduk sapi kalian," ujar petugas masjid, mengingatkan warga yang menyaksikan pemotongan hewan kurban tersebut.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya