Comscore Tracker

4.261 Ton Beras Bantuan PPKM Mulai Disalurkan ke Warga Aceh

Target, habis disalurkan dalam tempo satu bulan

Aceh Besar, IDN Times - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Divisi Regional (Divre) Aceh mulai menyalurkan beras bantuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Kamis (22/7/2021).

Dua unit mobil boks PT Pos Indonesia yang digunakan mengangkut beras bantuan dilepaskan secara simbolis dari Gudang Beras Bulog Divre Aceh di Gampong Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

1. Ada 4.261 ton beras yang disalurkan kepada masyarakat

4.261 Ton Beras Bantuan PPKM Mulai Disalurkan ke Warga AcehPerum Bulog Divre Aceh salurkan beras bantuan PPKM ke seluruh daerah (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Kementerian Sosial Republik Indonesia menyalurkan beras bantuan PPKM sebanyak 200 ribu ton di seluruh Indonesia. Penyaluran yang ditugaskan kepada Perum Bulog itu rencananya akan dibagi kepada 20 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Perum Bulog Divre Aceh, Irsan Nasution mengatakan, khusus untuk Aceh mendapat pagu 426 KPM atau sekitar 4.261 ton untuk seluruh masyarakat Aceh di 23 kabupaten kota.

"Ini penyaluran kita lakukan secara masif di seluruh kabupaten kota, pengangkutannya adalah Pos Indonesia," kata Irsan, pada Kamis (22/7/2021).

Baca Juga: Hari Raya, Warga Aceh Timur Digegerkan Penemuan Mayat dalam Karung

2. Setiap KPM akan mendapatkan 10 kilogram beras terbaik asal Aceh

4.261 Ton Beras Bantuan PPKM Mulai Disalurkan ke Warga AcehPerum Bulog Divre Aceh salurkan beras bantuan PPKM ke seluruh daerah (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Irsan menyampaikan, 426 penerima itu terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Progam Bantuan Sosial Tunai (BST). Data penerima manfaat tersebut dikatakan, sesuai data terbaru yang diberikan Kementerian Sosial.

"Beras yang kita bagikan beras yang berasal dari petani setempat yang kita beli pada musim panen rendengan tahun 2021. Beras terbaik, beras Aceh," ucapnya.

"Beras dibagikan 10 kilogram per KPM," imbuh kepala Perum Bulog Divre Aceh itu.

3. Penyaluran ditargetkan bisa selesai dalam tempo satu bulan

4.261 Ton Beras Bantuan PPKM Mulai Disalurkan ke Warga AcehPerum Bulog Divre Aceh salurkan beras bantuan PPKM ke seluruh daerah (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Penyaluran beras bantuan PPKM ditargetkan bisa tersalurkan ke seluruh daerah di Aceh dalam tempo satu bulan. Itu terhitung sejak beras yang mulai disalurkan pada hari Ini.

"Satu bulan ini kita usahakan bisa didistribusikan semuanya," ujar Irhas.

Agar berjalan sesuai target, ia berharap adanya dukungan dari semua pihak. Terutama dari dinas sosial setempat di setiap kabupaten kota serta para pendamping.

Sementara itu, selaku pihak yang mendistribusikan beras bantuan, PT Pos Indonesia Cabang Banda Aceh akan menyiapkan personel serta sejumlah armada. Bantuan akan langsung diserahkan ke titik pembagian.

"Itu nanti akan kita antar sampai titik baginya di sana," kata Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Banda Aceh Fendi Anjasmara, pada Kamis (22/7/2021).

Sedangkan untuk daerah terpencil, bantuan akan disalurkan melalui komunitas yang keberadaannya dekat dengan pemukiman warga.

Baca Juga: Salat Idul Adha, Jemaah Membeludak di Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya