9 Rumah di Kota Langsa Habis Dilahap Api, Puluhan Orang Mengungsi

Para korban kini terpaksa mengungsi di rumah kerabat

Langsa, IDN Times - Api mengamuk di kawasan pemukiman warga di Gampong Sungai Pauh Pusaka, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, pada Jumat (26/2/2021). Sedikitnya, sembilan unit rumah warga yang rata-rata berkonstruksi kayu habis terbakar.

"Kebakaran terjadi sekira pukul 04.00 WIB, tadi," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Ilyas Yunus, pada Jumat (26/2/2021).

1. Kebakaran cepat merambat dikarenakan kontruksi bangunan

9 Rumah di Kota Langsa Habis Dilahap Api, Puluhan Orang MengungsiSembilan unit rumah warga terbakar di Kota Langsa, Aceh (IDN Times/BPBA)

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 04.00 WIB itu dengan cepat menyebar dan membakar rumah warga. Dalam hitungan jam, sembilan unit rumah habis.

Adapun penyebab cepatnya api merambat antar rumah warga dikatakan Ilyas, dikarenakan kontruksi bangunan yang terbuat dari kayu sehingga mudah terbakar.

"Sembilan rumah ini berkonstruksi kayu sehingga api begitu cepat menyebar," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Para Gubernur Waspada soal Kebakaran Hutan dan Lahan 

2. Api baru bisa dipadamkan tiga jam setelah kebakaran

9 Rumah di Kota Langsa Habis Dilahap Api, Puluhan Orang MengungsiSembilan unit rumah warga terbakar di Kota Langsa, Aceh (IDN Times/BPBA)

Pemadaman api melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Langsa, petugas pemadam kebakaran, tim reaksi cepat, dibantu oleh TNI dan kepolisian, serta masyarakat.

Ia menyampaikan api baru selesai dipadamkan sekira pukul 07.12 WIB, usai menurunkan lima unit armada pemadam kebakaran dan dua unit armada tangki penyuplai air ke lokasi kebakaran.

"Penyebab kebakaran masih dalam tahap penyelidikan pihak berwajib," kata Ilyas.

3. Tidak ada korban jiwa, namun warga terpaksa mengungsi

9 Rumah di Kota Langsa Habis Dilahap Api, Puluhan Orang MengungsiSembilan unit rumah warga terbakar di Kota Langsa, Aceh (IDN Times/BPBA)

Meski demikian, tidak ada korban jiwa dari kebakaran sembilan unit rumah yang dihuni 12 kepala keluarga atau 50 jiwa tersebut.

Pemilik sembilan rumah yang terbakar tersebut, yakni Abdul Kadir, 65 tahun, dihuni delapan jiwa, Antawi, 30 tahun, lima jiwa, Dahniar, 42 tahun, tujuh jiwa, M Nasir, 46 tahun, dua jiwa, Zainal Abidin 50 tahun, lima jiwa, Amiruddin, 46 tahun, enam jiwa, dan Musliadi 43 tahun, dua jiwa.

Sementara rumah milik M. Nur, 40 tahun, diisi tiga kepala keluarga, dengan total penghuni 10 jiwa, M. Nur, Herianto, dan Julianti. Begitu juga rumah milik Darna, 38 tahun, dihuni dua kepala keluarga, yakni Darna dan Maryam dengan penghun lima jiwa.

"12 kepala keluarga untuk saat ini masih mengungsi ke rumah saudara, menunggu pemasangan tenda darurat," tutupnya.

Baca Juga: Jokowi: Meski Sekarang Hadapi Banjir, Kebakaran Hutan Jangan Kendor!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya