Batu Tebing Runtuh Akibat Monyet Berkelahi, Pengunjung Luka-luka

Korban dievakuasi melalui jalur laut

Aceh Besar, IDN Times - Liburan di alam terbuka sambil berkemah memang sungguh mengasyikan. Selain membawa ketenangan namun juga bisa membuat pikiran yang penat dengan kesibukan kembali segar.

Meskipun demikian, pergi berliburan juga memiliki resiko apabila lokasi yang dikunjungi merupakan kawasan berbukit maupun dekat dengan tebing-tebing bebatuan. Jika tidak waspada hal yang tidak diinginkan tentunya akan lebih besar. Seperti yang dialami oleh Ari Akmal, mahasiswa asal Kabupaten Aceh Besar ini.

Liburan pemuda warga Kecamatan Seulimum itu berakhir tragis sebab sebuah insiden yang terjadi dan menimpa pemuda berusia 22 tahun tersebut.

Kabar mengenai insiden tersebut disampaikan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Search and Rescue (SAR) Kelas A Banda Aceh yang melakukan penyelamatan terhadap korban, pada Minggu (3/1/2021).

1. Tertimpa reruntuhan batu tebing yang jatuh

Batu Tebing Runtuh Akibat Monyet Berkelahi, Pengunjung Luka-lukaAkmar, korban tertimpa bebatuan tebing ketika dievakuasi Tim SAR (IDN Times/Humas SAR Banda Aceh)

Sebelum insiden tersebut terjadi, korban awalnya dikatakan Kepala Kantor SAR Kelas A Banda Aceh, Budiono, sedang kamping bersama teman-temannya di kawasan pantai Lhok Keutapang Raya, Gampong Lam Pageu, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Diduga, lokasi tempat korban bersama rekan-rekannya mendirikan kemah tak jauh dari tebing bebatuan yang ada di kawasan tersebut. Nahas, sekitar pukul 09.00 WIB, bebatuan tebing jatuh dan menimpa korban.

“Kami melaksanakan evakuasi satu orang warga yang tertimpa batuan tebing saat sedang berwisata kamping di Lhok Keutapang Raya,” kata Budiono, Minggu (3/1/2021).

2. Korban yang mengalami luka, dievakuasi melalui jalur laut

Batu Tebing Runtuh Akibat Monyet Berkelahi, Pengunjung Luka-lukaAkmar, korban tertimpa bebatuan tebing ketika dievakuasi Tim SAR (IDN Times/Humas SAR Banda Aceh)

Usai mendapat kabar bahwa ada insiden kecelakaan, Kantor SAR Kelas A Banda Aceh mengirimkan tim penyelamat ke lokasi dengan menggunakan kapal taktis sea rider untuk melakukan evakuasi terhadap korban.

Pemuda warga Aceh Besar itu pun berhasil dievakuasi sekitar pukul 10.30 WIB melalui jalur laut. Selanjutnya ia dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin untuk penanganan medis lebih lanjut.

“Keadaan korban mengalami luka pada bagian kepala dan dislokasi pada kaki bagian kanan,” ujarnya.

3. Ternyata penyebab batuan tebing runtuh akibat adanya monyet yang berkelahi

Batu Tebing Runtuh Akibat Monyet Berkelahi, Pengunjung Luka-lukaMonyet ekor panjang di hutan lindung kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Korban yang mengalami luka serius di bagian kepala dan kaki kanannya dislokasi diakibatkan karena tertimpa reruntuhan batu tak di dekat lokasi mereka mendirikan kemah.

Usut punya usut ternyata bebatuan itu jatuh disebabkan adanya monyet yang berkelahi di atas tebing beberapa saat sebelum insiden korban tertimpa reruntuhan.

“Batu tebingnya jatuh karena monyet berkelahi dan menimpa korban, sehingga menyebabkan korban mengalami luka serius,” ungkap Budiono.

Baca Juga: Duo ART di Ikatan Cinta, 10 Adu Gaya Ayya Vs Chika di Dunia Nyata

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya