Comscore Tracker

[BREAKING] Gayo Lues Diguncang 23 Kali Gempa, Kekuatan Hingga 4,2 SR

Belum ada informasi mengenai kerusakan

Gayo Lues, IDN Times - Kabupaten Gayo Lues diguncang gempa tektonik, pada Senin (28/9/2020). Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Geofisika Klas III Aceh Besar di Mata Ie, Kabupaten Aceh Besar, gempa terjadi sebanyak 23 kali.

Kepala Stasiun Geofisika Klas III Aceh Besar di Mata Ie, Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, gempa terjadi sejak pukul 04.00 WIB hingga pukul 15.12 WIB tadi.

“Hingga saat ini pukul 15.30 WIB, teman-teman masih memonitoring kejadian gempa atau meningkatnya yang tepatnya di Gayo Lues,” kata Djati, Senin (28/9/2020).

Berdasarkan analisa Stasiun Geofisika Klas III Aceh Besar di Mata Ie, gempa secara beruntun terjadi dalam kurun waktu mulai pukul 04.00 WIB hingga 13.45 WIB, sebanyak 22 kali dengan kekuatan berkisar 2.0 hingga 3.0 Skala Richter.

Gempa susulan kembali terjadi pada pukul 15.12 WIB dengan kekuatan yang lebih besar, yakni mencapai 4.2 SR dengan pusat secara astronomi berada di 3.81 LU, 97.64 BT atau sebelah Tenggara dari Kabupaten Gayo Lues.

“Kedalaman gempa yakni lima kilometer,” ungkap Djati.

Kepala Stasiun Geofisika Klas III Aceh Besar di Mata Ie menjelaskan, gempa disebabkan karena akumulasi energi yang telah tersimpan melampaui titik jenuh batuan. Energi tersebut secara berlahan dilepaskan sehingga terjadi gempa beruntun.

“Energi itu pelan-pelan dilepaskan seperti halnya apa yang terjadi pada hari ini. Dan semoga dengan telah dilepaskan energy-energi gempa pada hari ini, maka kita berharap kecil kemungkinan dikeluarkan gempa gempa yang lebih besar,” jelasnya.

Meskipun demikian, belum ada laporan dari masyarakat terkait dirasakannya beberapa gempa yang terjadi. “Hingga berita ini kami turunkan, belum ada informasi atau adanya dampak kerusakan atau dirasakan dari gempa-gempa yang terjadi,” imbuhnya.

Baca Juga: RSUD Cut Meutia Aceh Utara Kekurangan Ruang Rawat Pasien COVID-19

Topic:

  • Muhammad Saifullah
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya