Catat! Ini 9 Festival Wisata Aceh 2020

Yuk wisata ke Aceh

Banda Aceh, IDN Times - Pengen liburan namun belum tahu destinasi wisata mana yang akan dikunjungi? Mending ke Aceh aja. Loh, emang ada apaan di Aceh?

Tahun ini, Aceh meluncurkan sejumlah agenda wisata yang terhimpun dalam Calendar of Event (COE) Aceh 2020. Di antaranya, 10 event top Aceh yang akan diselenggarakan. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Aceh Tawarkan 110 Agenda Wisata untuk 2020, Apa Saja?

1. Aceh Culinary Festival digelar di Banda Aceh, 7-10 Agustus 2020

Catat! Ini 9 Festival Wisata Aceh 2020Aceh Culinary Festival merupakan salah satu agenda wisata di Aceh (IDN Times/Disbudpar Aceh)

Buat kamu yang memiliki hobi makan atau suka me-review makanan maupun pemburu kuliner, sepertinya Aceh Culinary Festival cocok banget untuk disambangi. Sebab, di acara tersebut, sejumlah stan yang dibuka akan menyajikan keberagaman kuliner khas Aceh.

Eits, tidak hanya masakan khas Aceh saja. Tahun ini Aceh Culinary Festival juga akan diikuti oleh sejumlah provinsi lainnya di Indonesia maupun negara luar. Wow, pasti seru.

Aceh Culinary Festival digelar di Kota Banda Aceh selama tiga hari, mulai 7-10 Agustus 2020.

2. Aceh Diving Festival digelar di Kota Sabang, 10-11 Oktober 2020

Catat! Ini 9 Festival Wisata Aceh 2020Aceh Diving Festival merupakan salah satu agenda wisata di Aceh (IDN Times/Disbudpar Aceh)

Kekayaan alam bawah laut Aceh memang tidak usah diragukan lagi. Terutama wilayah Kota Sabang, hampir setiap hari ada saja wisatawan berkunjung ke kota paling barat Indonesia tersebut untuk menikmati baharinya.

Sabang memiliki sekitar 20 spot untuk menyelam, sehingga tak salah jika Aceh Diving Festival digelar di kota ini.

Nah, buat kamu yang punya hobi menyelam dan melihat keindahan alam bawah laut, yuk mari sama-sama menikmati wisata bahari Aceh di Aceh Diving Festival, yang akan digelar di Kota Sabang pada 10-11 Oktober 2020.

3. Festival Saman di Kabupaten Gayo Lues pada 8-9 November 2020

Catat! Ini 9 Festival Wisata Aceh 2020Festival Saman merupakan salah satu agenda wisata di Aceh (IDN Times/Disbudpar Aceh)

Tari Saman telah ditetapkan oleh United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan budaya tak benda milik Indonesia, khususnya Aceh. Tarian yang begitu populer di Dataran Tinggi Gayo ini pun pernah mencatat rekor pada 2017 lalu di Museum Rekor Indonesia dengan jumlah penari terbanyak yakni 12.262 penari.

Dance of  a thousand hands atau tarian 1.000 tangan, begitulah dunia internasional mengenal tari Saman yang memiliki berbagai gerakan unik, cepat, dan dinamis tersebut.

Bagi kamu yang masih penasaran dan kagum dengan gerakannya, serta ingin melihat langsung tarian ini di tempat asalnya, jangan lupa kunjungi Festival Saman di Kabupaten Gayo Lues pada 8-9 November 2020.

4. Festival Ramadhan di Kota Banda Aceh, 27 April sampai 6 Mei 2020

Catat! Ini 9 Festival Wisata Aceh 2020Festival Ramadhan merupakan salah satu agenda wisata di Aceh (IDN Times/Disbudpar Aceh)

Ingin berkunjung ke Aceh saat bulan Ramadan, namun masih bingung di mana tempat untuk bisa menikmati suasana berbuka puasa?

Jangan bingung, selama Ramadan di Aceh akan digelar Festival Ramadhan. Di sana ada beragam kegiatan yang tentunya bernuansa islami, seperti dalail khairat, tadarus, qiyamulail, buka puasa bersama, dan kegiatan religius lainnya.

Catat ya, Festival Ramadhan digelar di Kota Banda Aceh pada 27 April hingga 6 Mei 2020.

5. Banda Aceh Coffee Festival digelar di Kota Banda Aceh pada 9-11 Oktober 2020

Catat! Ini 9 Festival Wisata Aceh 2020Banda Aceh Coffee Festival merupakan salah satu agenda wisata di Aceh (IDN Times/Disbudpar Aceh)

Kamu pencinta kopi? Nah, acara Banda Aceh Coffee Festival sepertinya cocok buat kamu para pencinta kopi. Buat kamu juga yang mau sekadar cicip-cicip kopi.

Tak hanya menikmati kopi, Banda Aceh Coffee Festival juga menyajikan berbagai penampilan yang dipamerkan di setiap stan, antara lain bagaimana teknik pengolahan kopi agar nikmat serta penampilannya menarik.

Penasaran kan? Catat, Banda Aceh Coffee Festival digelar di Kota Banda Aceh pada 9-11 Oktober 2020.

6. Islamic Fashion Festival digelar di Kota Banda Aceh, 19-21 April 2020

Catat! Ini 9 Festival Wisata Aceh 2020Islamic Fashion Festival merupakan salah satu agenda wisata di Aceh (IDN Times/Disbudpar Aceh)

Perlu referensi-referensi baru untuk mendesain pakaian? Nah, Islamic Fashion Festival mungkin bisa menjadi salah satu rekomendasi. Sebab, kegiatan ini akan menampilkan sejumlah karya-karya kreatif para desainer dengan gaya pakaian muslimah. Tentunya, dengan karya unik dan berkarakter Aceh.

Islamic Fashion Festival akan digelar di Kota Banda Aceh, pada 19-21 April 2020. Jangan sampai ketinggalan ya buat kamu para pencinta fashion.

7. Leuser Internasional Rafting Championship digelar 23-25 Oktober 2020

Catat! Ini 9 Festival Wisata Aceh 2020Leuser Internasional Rafting Championship merupakan salah satu agenda wisata di Aceh (IDN Times/Disbudpar Aceh)

Bagi kamu pencinta olahraga arung jeram atau rafting, Leuser Internasional Rafting Championship mungkin tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, dalam event tersebut adrenalin Anda akan ditantang arus Sungai Alas yang penuh sensasi.

Tak hanya tantangan saja, namun Anda juga bakal dimanjakan dengan keindahan alam serta keanekaragaman flora dan fauna dari Taman Nasional Gunung Leuser.

Gak terbayang kan bagaimana suasananya? Yuk gabung bersama di Leuser Internasional Rafting Championship yang akan digelar di Kabupaten Aceh Tenggara, pada 23-25 Oktober 2020.

8. Pacuan Kuda Tradisional 24 Agustus 2020

Catat! Ini 9 Festival Wisata Aceh 2020Pacuan Kuda Tradisional merupakan salah satu agenda wisata di Aceh (IDN Times/Disbudpar Aceh)

Pacuan Kuda Tradisional menjadi salah satu agenda wisata di Aceh yang ditawarkan kepada wisatawan. Biasanya, kegiatan pacuan kuda ini sering digelar di kawasan Dataran Tinggi Gayo, seperti Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, dan Gayo Lues.

Uniknya, dalam lomba pacuan kuda yang kini telah menjadi budaya bagi masyarakat Gayo, para jokinya duduk di punggung kuda tanpa menggunakan pelana.

Ingin melihat bagaimana sensasi balapan tersebut, Anda dapat mengunjungi Dataran Tinggi Gayo, salah satunya Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah yang akan menggelar Pacuan Kuda Tradisional pada 24 Agustus 2020.

9. Festival Pulau Banyak 15-18 Juni 2020

Catat! Ini 9 Festival Wisata Aceh 2020Festival Pulau Banyak, merupakan salah satu agenda wisata di Aceh (IDN Times/Disbudpar Aceh)

Festival ini bisa dikatakan kumpulan dari sejumlah kegiatan yang diselenggarakan di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. Sebab, dalam agenda wisata tersebut, akan ditampilkan kegiatan mulai dari pagelaran seni budaya, fun surfing, festival kuliner, jalan santai, kamping pulau, dan banyak lagi.

Jangan ragu, Pulau Banyak sudah pasti juga memiliki pantai yang indah dengan pasir putihnya. Jadi, tunggu apalagi, persiapkan diri Anda untuk berkunjung dan mengikuti Festival Pulau Banyak, pada 15-18 Juni 2020.

Baca Juga: Mengenang Tsunami Aceh 15 Tahun Silam, Nelayan Aceh Libur Melaut 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya