Cek Suhu Tubuh Mandiri, Cara Pelabuhan Ulee Lheue Cegah Corona

Petugas dan penumpang harus memiliki kesadaran sendiri

Banda Aceh, IDN Times - Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelabuhan Ulee Lheue beserta Kantor Kesehatan Pelabuhan Ulee Lheue menyediakan alat pemeriksaan suhu tubuh serta cairan antiseptik berupa gel di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, Aceh.

Fasilitas tersebut disediakan untuk mengantisipasi serta mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 yang belakangan dikabarkan mulai merebak di wilayah Indonesia.

“Walaupun sifatya ini bukan pelabuhan yang lalu lintasnya langsung ke luar negeri namun demi tingkat pencegahan deteksi yang kita lakukan, kita standby (berjaga) kan alat yang standarnya untuk ke luar negeri,” kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Ulee Lheue, Fery Irawan, , Kamis (12/3).

Seperti yang diketahui, Pelabuhan Ulee Lheue merupakan pelabuhan penyeberangan yang menghubungkan dua wilayah Aceh, yakni daratan Kota Banda Aceh dan Pulau Weh, Kota Sabang.

1. Hanya menyediakan dua unit alat pengukur suhu tubuh dan sanitasi gel

Cek Suhu Tubuh Mandiri, Cara Pelabuhan Ulee Lheue Cegah CoronaSejumlah alat sederhana yang disiapkan oleh pihak Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Alat pemeriksaan kesehatan yang disediakan oleh petugas pelabuhan terbilang sederhana. Fery menyebutkan, di Pelabuhan Ulee Lheue, pihaknya hanya menyediakan dua unit alat pengecek suhu tubuh (infrared thermometer) dan cairan antiseptik atau sanitasi gel.

“Sebanyak dua unit yang kita sediakan untuk penumpang atau pengguna jasa di Pelabuhan Ulee Lheue. Kita juga sediakan sanitasi gel untuk sanitasi tangan usai memeriksa suhu tubuh mandiri,” kata Fery.

Tak hanya itu, pihak pelabuhan juga memampang banner imbauan di dekat pintu masuk pelabuhan cara penanganan Virus Corona serta informasi pelayanan kesehatan.

2. Butuh kesadaran penumpang untuk mengecek suhu tubuh secara mandiri

Cek Suhu Tubuh Mandiri, Cara Pelabuhan Ulee Lheue Cegah CoronaWarga ketika mengecek suhu tubuh secara mandiri di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Fery menyampaikan, penyebaran Covid-19 tidak hanya tugas dari petugas kesehatan saja, namun juga butuh kesadaran dari masyarakat. Oleh karena itu, disediakannya fasilitas kesehatan di pelabuhan bertujuan agar para penumpang dapat mengecek suhu tubuh mereka secara mandiri.

“Kita menyediakan fasilitas kepada seluruh pengguna jasa di pelabuhan ini untuk dapat melakukan pemeriksaan dan deteksi suhu tubuh sendiri,” ujarnya.

Kembali ia tegaskan, pengecekan kesehatan menggunakan alat pengukur suhu tubuh bukanlah kewajiban yang harus dilakukan selain kesadaran terhadap kesehatan diri sendiri oleh para penumpang kapal dalam mencegah penyebaran Corona.

“Kita semua mengharapkan kepada seluruh masyarakat, khususnya penumpang pengguna jasa di Pelabuhan Ulee Lheue untuk bisa mendeteksi diri sendiri. Jadi kalau hanya mengharapkan petugas saja dalam hal Covid-19 ini, tidak akan maksimal.

Baca Juga: 3 Baru Dibebaskan, 12 Nelayan Aceh Kembali Ditangkap Pemerintah India

3. Tak hanya penumpang, para pekerja pelabuhan maupun ABK kapal juga diminta cek secara mandiri

Cek Suhu Tubuh Mandiri, Cara Pelabuhan Ulee Lheue Cegah CoronaPetugas ketika sedang mengecek suhu tubuh di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Fery mengatakan, idak hanya para penumpang, para pekerja di pelabuhan maupun anak buah kapal (ABK) juga diminta untuk memiliki kesadaran melakukan cek suhu tubuh secara mandiri.

“Kalau tupoksi kita KKP sendiri, untuk seluruh ABK dari luar negeri yang kita tangani di perairan Pelabuhan Ulee Lheue, ini langsung kita lakukan sendiri petugas dari pejabat kesehatan yang melakukan dengan scan ini.”

4. Belum ditentukan sampai kapan pengecekan suhu tubuh dilakukan

Cek Suhu Tubuh Mandiri, Cara Pelabuhan Ulee Lheue Cegah CoronaImbauan kesehatan pencegahan penyebaran Virus Corona di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Ulee Lheue menyebutkan, pemeriksaan mulai dilakukan hari ini. Sementara, untuk batas waktu, ia belum bisa memastikan hingga kapan pengecekan kesehatan terus dilakukan di Pelabuhan Ulee Lheue

“Ini kita rencanakan mulai hari ini sampai seterusnya atau batas waktu yang belum bisa ditentukan. Mudah-mudahan harapan kita, Corona ini bisa terlewati dengan baik. Kita sekarang hanya berikhtiar semampu kita, yang jelas dalam menghadapi Covid-19 ini kita tidak bisa hanya menghandalkan petugas tapi harus ada peran serta dan insiatif dari masyarakat sendiri,” imbuh Fery.

Baca Juga: Diduga Terjangkit Corona, Warga Siantar Dilarikan Ke RSUP Adam Malik

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya