Ciri Fisik Zainal dan Polisi Asep, Korban Tsunami Aceh 80 Persen Mirip

Jika benar, pihak keluarga akan difasilitasi untuk bertemu

Banda Aceh, IDN Times - Tim dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Kepolisian Daerah Aceh telah mengambil sample swab Buccal DNA, darah, sidik jari, serta sejumlah data dari Zainal Abidin, pasien pria yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa Aceh, di Banda Aceh.

Pria itu diduga kuat adalah Ajun Brigadir Polisi Asep, anggota Brimob Resimen II Kedung Halang yang dinyatakan hilang saat tsunami menerjang Aceh pada tahun 2004 silam, ketika ditugaskan dalam pasukan Bantuan Keamanan Operasional ke Kepolisian Daerah Aceh.

Data-data yang diambil dari pasien tersebut kini masih dalam proses pemeriksaan. Hasilnya nanti akan diumumkan dua pekan kemudian, terhitung sejak data dikumpulkan pertama kali oleh pihak kepolisian.

Tak hanya data dari Zainal Abidin, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Aceh, Komisaris Besar Polisi Winardy mengatakan, data serupa juga telah diambil terhadap keluarga Asep di Provinsi Lampung.

"Kita menunggu hasil analisa dari Tim Biddokkes tentang rumus DNA yang bersangkutan, nanti akan kita cocokan dengan apa yang sudah dilakukan oleh Tim Biddokkes Polda Lampung yang juga sama telah mengambil spesimen dari adik bersangkutan yang tinggal di wilayah Lampung," kata Winardy.

1. Ciri-ciri Asep yang disampaikan adik korban

Ciri Fisik Zainal dan Polisi Asep, Korban Tsunami Aceh 80 Persen MiripTim Biddokkes Polda Aceh ketika mengukur luka di pelipis mata kiri Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep (IDN Times/Istimewa)

Mahyudin, adik dari Ajun Brigadir Polisi Asep, dikatakan Winardy menyampaikan, sejumlah ciri-ciri fisik yang ada pada kakaknya.

Hal itu disampaikan adik Asep yang tinggal di Natar, Provinsi Lampung, kepada pihak Kepolisian Daerah Lampung.

"Ciri fisiknya ada luka di pelipis sebelah kiri, kemudian ada tanda khusus di telinga kanan, termasuk juga ada lesung pipinya," ungkapnya.

Baca Juga: Menelusuri Asal Usul Zainal yang Diduga Polisi Korban Tsunami Aceh

2. Kesamaan dan ciri fisik Zainal Abidin dan Asep capai 80 persen

Ciri Fisik Zainal dan Polisi Asep, Korban Tsunami Aceh 80 Persen MiripTim Biddokkes Polda Aceh ketika memeriksa tanda khusus pada telinga kanan Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep (IDN Times/Istimewa)

Beberapa ciri fisik yang dimiliki Zainal Abidin, pasien pria di rumah sakit jiwa tersebut ternyata memiliki kesamaan dengan Asep.

"Ciri fisik itu sudah ditemukan di Asep, tinggal nanti karena sekarang perawakannya lebih kurus dibanding dengan sebelumnya dan juga sudah berumur, itu juga akan menjadi petimbangan-pertimbangan," ujar Winardy.

"Kita sudah memastikan kemungkinan 80 persen ciri fisik yang disebutkan saudaranya ada di Asep, sama dengan yang ada di rumah sakit, si Zainal Abidin," imbuhnya.

3. Jika sudah positif, pihak keluarga akan difasilitasi untuk berjumpa

Ciri Fisik Zainal dan Polisi Asep, Korban Tsunami Aceh 80 Persen MiripTim Biddokkes Polda Aceh ketika pencocokan tekanan tanda tangan Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep (IDN Times/Istimewa)

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Aceh akan memfasilitasi semua kebutuhan keluarga Ajun Brigadir Polisi Asep di Lampung apabila pria bernama Zainal Abidin adalah betul seorang anggota kepolisian yang sempat dinyatakan hilang.

"Nanti setelah kita fix (sudah pasti) bahwa yang bersangkutan itu positif adalah Asep, anggota Brimob Resimen II Kedung Halang, maka nanti akan kita fasilitasi dari keluarga yang bersangkutan ke wilayah Aceh ataupun sebaliknya dari Aceh ke rumah keluarganya," kata Winardy.

Hingga kini pihak Kepolisian Daerah Aceh masih terus berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Lampung sambil menunggu perkembangan informasi terbaru.

Baca Juga: Potret Pemeriksaan Pasien RSJ yang Diduga Polisi Korban Tsunami Aceh

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya