Comscore Tracker

Dihantam Puting Beliung, Belasan Bangunan di Aceh Timur Rusak

Hujan lebat dan angin kencang juga melanda Aceh Tamiang

Aceh Timur, IDN Times - Puting beliung menghantam lima gampong di Kecamatan Peureulak, Aceh Timur, pada Sabtu (24/4/2021) sekitar pukul 20.00 WIB. Akibatnya, belasan bangunan rusak.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Ilyas Yunus mengatakan, puting beliung timbul akibat hujan deras yang terjadi sejak pukul 17.00 WIB.

"Menyebabkan kerusakan beberapa unit rumah masyarakat," kata Ilyas, pada Minggu (25/4/2021).

1. Tercatat 19 unit rumah, 1 balai pengajian rusak, dan beberapa tempat usaha alami kerusakan

Dihantam Puting Beliung, Belasan Bangunan di Aceh Timur RusakRumah warga di Aceh Timur yabg diterjang puting beliung (IDN Times/Istimewa)

Hingga Minggu, pukul 13.00 WIB, Badan Penanggulangan Bencana Aceh mencatat ada 17 unit rumah warga dan 1 unit balai pengajian yang mengalami kerusakan.

Lokasinya tersebar di lima gampong, di antaranya, Gampong Keumuneng 1 unit rumah rusak ringan, 2 unit rumah rusak sedang, dan 1 unit rumah rusak berat. Gampong Seuneubok Aceh, 1 unit rumah rusak berat, 2 unit rumah rusak ringan, 1 unit balai pengajian rusak ringan.

Selanjutnya, di Gampong Alue Nimbong, 11 unit rumah rusak ringan, 1 kios rusak ringan, 1 kios rusak berat, dan 1 unit doorsmeer rusak ringan.

Gampong Kuala Leuge, 1 rumah rusak ringan, sedangkan di Gampong Bale Buya masih dalam pendataan.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Akan Nikahi Gadis Jombang, Usia Terpaut 24 Tahun

2. Belum ada informasi korban jiwa

Dihantam Puting Beliung, Belasan Bangunan di Aceh Timur RusakRumah warga di Aceh Timur yabg diterjang puting beliung (IDN Times/Istimewa)

Untuk sementara tidak ada pengungsi maupun korban jiwa dalam bencana tersebut. Meski begitu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Timur masih melakukan pendataan di lapangan.

"Masih ke lokasi kejadian untuk melakukan pengecekan, pendataan, mengevakuasi warga, pembersihan material, serta membuat laporan untuk penanganan selanjutnya," ujarnya.

3. Hujan lebat dan angin kencang juga landa Kabupaten Aceh Tamiang

Dihantam Puting Beliung, Belasan Bangunan di Aceh Timur Rusakfinancialexpress com

Ilyas menyampaikan, hujan lebat disertai angin kencang juga terjadi di kawasan Kabupaten Aceh Tamiang, pada Sabtu (24/4/2021).

Hujan dan angin yang terjadi sejak pukul 19.10 WIB tersebut, melanda dua gampong di Kecamatan Banda Mulia, yakni Gampong Suka Damai dan Suka Jadi. Kejadian serupa pun melanda Perumahan Mutiara Residence Gampong Durian, Kecamatan Rantau.

Hingga Sabtu malam, tercatat 2 unit rumah mengalami rusak berat di listrik sempat padam akibat pohon yang tumbang menimpa kabel PLN.

"Korban terdampak mengungsi kerumah kerabat," ujar Ilyas.

Baca Juga: Sosok Ibu Tangguh, 10 Potret Mellya Juniarti Mantan Istri Ustaz Somad

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya