Comscore Tracker

Dikira Bawa Sabu, Komplotan Pencuri Lembu Dikejar dan Ditembak Polisi

Komplotan sering beraksi di tiga kabupaten di Aceh

Pidie, IDN Times - Malang betul nasib komplotan pencuri lembu di Provinsi Aceh, ini. Aksi yang biasa mereka lakukan dengan menggunakan mobil, terendus petugas kepolisian. Alhasil, tiga dari lima pelaku ditangkap petugas kepolisian setelah sempat kucing-kucingan di kawasan Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Aceh.

Kini tiga tersangka yang merupakan warga Kabupaten Pidie, berinisial FA (21), YU (23), serta AZ (40) telah ditahan di Markas Kepolisian Resor Pidie bersama tiga ekor lembu hasil curian mereka.

"Dua tersangka lainnya yakni WD dan H, masih buron serta telah masuk dalam daftar pencarian orang," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Pidie, Ajun Komisaris Polisi Ferdian Chandra, pada Rabu (17/2/2021).

Baca Juga: Belajar Hukum: Boleh Gak Sih Melawan Pencuri yang Menyerang Kita? 

1. Komplotan yang sering mencuri lembu di tiga kabupaten

Dikira Bawa Sabu, Komplotan Pencuri Lembu Dikejar dan Ditembak PolisiIlustrasi lembu ternak (Dok.IDN Times/istimewa)

Ferdian mengatakan, komplotan pencuri lembu yang mereka tahan merupakan kelompok yang kerap beraksi di sejumlah kabupaten di Aceh.

“Sindikat pencuri lembu memang target kita Reskrim, wilayah main mereka Aceh Besar, Pidie dan Pidie Jaya,” ungkapnya.

2. Mobil para pelaku awalnya dicurigai polisi membawa sabu

Dikira Bawa Sabu, Komplotan Pencuri Lembu Dikejar dan Ditembak PolisiIlustrasi Kecelakaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Aktivitas para komplotan ini di kawasan Pantai Laweung, Kecamatan Muara Tiga, ternyata membuat petugas kepolisian curiga. Bahkan, mobil yang mereka tumpangi awalnya sempat dicurigai membawa sabu-sabu.

Tak hanya itu, ketika mobil komplotan itu coba diberhentikan petugas, mereka malah tancap gas melarikan diri dari kejaran. Salah seorang petugas yang coba menghentikan malah nyaris ditabrak para pelaku.

Aksi kejar-kejaran terjadi sebelum akhirnya mobil komplotan pencuri lembu tersebut hilang kendali hingga masuk ke dalam selokan. Sementara para pencuri berhamburan kabur melarikan diri. Ketika diperiksa, mobil yang dicurigai membawa sabu-sabu itu ternyata memuat tiga ekor lembu dengan kondisi terikat.

“Berdasarkan pengakuan para tersangka lembu tersebut merupakan hasil pencurian di sekitar jalan di Krueng Raya Aceh Besar,” ujar Ferdian.

Baca Juga: Malangnya Syamsudi, 7 Ekor Lembu Miliknya Mati Disambar Petir

3. Satu pelaku terpaksa ditembak karena berupaya melarikan diri

Dikira Bawa Sabu, Komplotan Pencuri Lembu Dikejar dan Ditembak PolisiIlustrasi penembakan (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketika mobil yang ditumpangi para pelaku terperosok ke dalam selokan, kelimanya coba kabur melarikan diri. Petugas sempat memberikan tembakan peringatan untuk menghentikan mereka.

"Salah satu tersangka berinsial FA dilumpuhkan dengan tindakan tegas dan terukur di paha sebelah kanan, karena setelah secara berulang diperintahkan untuk berhenti namun tidak mau berhenti," kata Ferdian.

FA sempat dibawa ke puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan medis sebelumnya akhirnya dibawa ke Markas Kepolisian Resor Pidie guna penyelidikan lebih lanjut.

Baca Juga: Lagi, 2 Lembu Milik Warga Langkat Diduga Dimangsa Harimau

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya