Comscore Tracker

Disuplai Pihak Ketiga, Stok Oksigen di RSUD Banda Aceh Masih Aman

Tidak terjadi kelangkaan oksigen tabung di Aceh

Banda Aceh, IDN Times - Ketersediaan serta pasokan oksigen tabung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zainoel Abidin, di Kota Banda Aceh, Aceh, dipastikan terbilang aman dan tidak terjadi masalah.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (RSUD) dr Zainoel Abidin, Rahmadi saat ditanyakan mengenai stok oksigen di rumah sakit.

"Untuk ketersediaan oksigen kalau kita di ZA (Zainoel Abidin) Alhamdulillah tidak ada masalah," kata Rahmadi.

Seperti diberitakan, di sejumlah daerah di Indonesia mengalami kelangkaan penjualan oksigen tabung dalam beberapa hari ini menjadi di masa ledakan COVID-19.

1. Bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memasok oksigen

Disuplai Pihak Ketiga, Stok Oksigen di RSUD Banda Aceh Masih AmanIlustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Rahmadi menyampaikan, pasokan oksigen ke rumah sakit milik pemerintah provinsi itu tidak ada masalah. Sebab pihaknya telah melakukan kerja sama dengan pihak ketiga.

“Karena, kita bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memasok oksigen,” ujarnya.

Baca Juga: Naik Dua Kali Lipat, Harga Tabung Gas Oksigen 10 Kg Mencapai Rp2 Juta

2. Tidak menggunakan sistem oksigen tabung, melainkan sentra

Disuplai Pihak Ketiga, Stok Oksigen di RSUD Banda Aceh Masih AmanIlustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Selama ini, dikatakan Rahmadi, RSUD dr Zainoel Abidin, tidak langsung menerima pasokan oksigen tabung. Namun lebih kepada pasokan dalam bentuk cairan atau liquid.

Selanjutnya, cairan itu diolah dengan menggunakan evakurator untuk diubah menjadi gas. Setelah itu, hasilnya disalurkan ke masing-masing ruangan melalui instalasi.

"Jadi tersentral oksigennya, makanya jarang kita menggunakan tabung. Paling menggunakan tabung untuk transportasi pasien," ungkapnya.

3. Pasien COVID-19 yang dirawat juga menggunakan oksigen tersentra

Disuplai Pihak Ketiga, Stok Oksigen di RSUD Banda Aceh Masih AmanUnsplash/Morning Brew

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat RSUD dr Zainoel Abidin ini menyampaikan, selama ini oksigen yang digunakan pasien COVID-19 dalam perawatan, bukanlah oksigen tabung.

"Untuk pasien-pasien COVID-19 selama ini tidak memakai tabung, tersentral," ujar Rahmadi.

Di gedung rumah sakit lama, dikatakannya, memiliki satu unit tangki oksigen berukuran besar yang dipasang oleh perusahaan untuk dilolah dari cairan jadi gas.

Ketersediaan cairan untuk oksigen langsung dipasok oleh pihak ketiga sehingga ia mengaku belum ada kendala mengenai stok oksigen.

"Untuk tabung atau oksigen memang tidak ada masalah," tegasnya.

Baca Juga: Warga Banda Aceh Dihebohkan dengan Awan Berbentuk UFO

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya