DPO Tiga Kasus Berbeda Tewas Usai Ditembak Polisi

Meninggal saat mendapatkan perawatan di puskesmas

Aceh Timur, IDN Times - AR warga Gampong Buket Teukuh, Kecamatan Idi Tunong, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, tewas usai diterjang peluru personel Kepolisian Sektor Idi Tunong sewaktu penyergapan yang dilakukan petugas kepolisian pada pada Selasa (11/2) sekira pukul 01.00 WIB.

Pria berusia 27 tahun itu merupakan buronan yang telah masuk dalam daftar pencarian orang pada tiga kasus berbeda di wilayah hukum Kepolisian Resor Aceh Timur.

1. Mencoba melawan saat akan diamankan petugas

DPO Tiga Kasus Berbeda Tewas Usai Ditembak PolisiDokumen Istimewa

Baca Juga: Buron Kasus Pembunuhan di Aceh Takluk Usai Ditembak Timah Panas Polisi

Keberadaan AR telah diketahui oleh petugas kepolisian, namun bukannya menyerah ia malah berupaya untuk melarikan diri. Melihat targetnya berusaha kabur, personel Kepolisian Sektor Idi Tunong coba memberikan tembakan peringatan sebanyak empat kali tetapi tidak dihiraukan, AR terus berlari.

Kepala Kepolisian Resor Aceh Timur, Ajun Komisaris Besar Polisi Eko Widiantoro mengatakan, AR sempat berhenti kabur dan diamankan. Akan tetapi, saat akan diborgol, ia kembali kabur dengan mendorong hingga petugas terjatuh di saluran air.

“AR terus berusaha kabur dari sergapan petugas. Tidak mau kehilangan target, anggota Polsek Idi Tunong kembali memberikan tembakan peringatan akan tetapi tidak diindahkan sehingga diambil tindakan tegas dan terukur dengan melumpuhkan AR,” kata Eko, Rabu (12/2).

2. Tersangka tewas saat akan mendapatkan perawatan di puskesmas

DPO Tiga Kasus Berbeda Tewas Usai Ditembak PolisiIlustrasi (Dok. Istimewa)

Eko mengatakan, usai dilumpuhkan oleh petugas, AR selanjutnya dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

“AR dibawa ke Puskesmas Idi Tunong untuk mendapatkan pertolongan, namun saat petugas puskesmas sedang berusaha memberikan pertolongan, nyawa AR tidak tertolong,” ujarnya.

3. Informasi keberadaan AR diberitahukan oleh sang istri

DPO Tiga Kasus Berbeda Tewas Usai Ditembak Polisi(Ilustrasi pembunuhan) IDN Times

Upaya penangkapan dan penyergapan AR dilakukan pihak kepolisian setelah mendapatkan informasi dari istri AR berinsial CT. Eko mengatakan, CT mendatangi polsek setempat dan memberikaninformasi bahwa suaminya (AR) sedang berada di rumah kawanya di Gampong Buket Tekueh.

“Memperoleh informasi tersebut personel Polsek Idi Tunong bersama dengan CT menuju serta menunjukkan lokasi di mana AR berada.”

4. AR buronan dari sejumlah kasus di Aceh Timur

DPO Tiga Kasus Berbeda Tewas Usai Ditembak PolisiPara terdakwa kasus makar di Jayapura sempat mendekam di sel tahanan PN Balikpapan. (IDN Times/Surya Aditya))

Berdasarkan catatan laporan di wilayah hukum Kepolisian Resor Aceh Timur, AR pernah dilaporkan terkait sejumlah kriminal yang pernah dilakukannya. Ia pernah dilaporkan atas kasus pencurian di Polsek Idi Tunong.

Selanjutnya, ia juga pernah dilaporkan ke Polres Aceh Timur atas kasus pemerkosaan. Selain itu, AR dikatakan pernah menjadi buronan kasus narkoba oleh satuan reserse narkoba.

Baca Juga: 14 Tahun Perdamaian Aceh, KKR Aceh Fokus Pemenuhan Hak Korban

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya