[FOTO] Suasana Penampungan Korban Banjir di Kabupaten Aceh Besar

Di tengah pandemik COVID-19, warga Aceh dihantam banjir

Aceh Besar, IDN Times - Perlahan-lahan, hujan mulai reda mengguyur Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, pada Sabtu (9/5) dini hari. Akan tetapi, masih banyak warga yang belum mampu kembali ke rumahnya.

Mereka sepertinya lebih memilih untuk tetap berada di tempat pengungsian untuk sementara waktu, mengingat rumah atau tempat mereka bermukim telah direndam air akibat hujan deras yang melanda sejak Kamis (7/5) lalu. Bahkan ketinggian air dikatakan mencapai lebih kurang 1,3 meter atau sepinggang orang dewasa.

Ada pun Sekolah Dasar Negeri Garot, yang berada di Gampong Garot, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, menjadi pilihan. Tempat ini dijadikan salah satu lokasi pengungsian. Sedikitnya, ratusan kepala keluarga mengungsi ke tempat tersebut karena dinilai lebih aman daripada tetap berada di rumah untuk waktu dekat ini.

Pengamatan IDN Times di lokasi, terjadi perombakan fungsi dari sejumlah sarana dan prasarana yang ada di sekolah tersebut. Misalnya, kantin sekolah dijadikan dapur umum dan ruang kelas dijadikan tempat untuk beristirahat warga, sedangkan lapangan sekolah dijadikan lokasi parkir sepeda motor sekaligus tempat mendirikan tenda konsumsi.

Berikut potret suasana tempat pengungsian korban banjir yang ada di Sekolah Dasar Negeri Garot ketika makan sahur tadi, Sabtu (9/5).

1. Warga korban banjir sedang mengantre untuk makan sahur

[FOTO] Suasana Penampungan Korban Banjir di Kabupaten Aceh BesarSusansa salah satu ruang kelas yang menjadi tempat beristirahat pengungsi korban banjir (IDN Times/Saifullah)

2. Pengungsi yang tidur di atas kursi salah satu ruang kelas SD Garot

[FOTO] Suasana Penampungan Korban Banjir di Kabupaten Aceh BesarPengungsi yang tidur di atas kursi di salah satu ruang kelas SD Garot, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar (IDN Times/Saifullah)

Baca Juga: Hujan Deras, Ruang Rawat Pasien COVID-19 di Banda Aceh Terendam Banjir

3. Petugas kepolisian bersiaga untuk membantu pengungsi yang akan makan sahur

[FOTO] Suasana Penampungan Korban Banjir di Kabupaten Aceh BesarPetugas kepolisian bersiaga untuk membantu pengungsi yang akan makan sahur (IDN Times/Saifullah)

4. Para pengungsi berbincang dengan pengungsi lainnya usai makan sahur

[FOTO] Suasana Penampungan Korban Banjir di Kabupaten Aceh BesarPara pengungsi berbincang dengan pengungsi lainnya usai makan sahur (IDN Times/Saifullah)

5. Mie instan menjadi menu sahur para pengungsi

[FOTO] Suasana Penampungan Korban Banjir di Kabupaten Aceh BesarMi instan menjadi menu sahur para pengungsi (IDN Times/Saifullah)

6. Pengungsi begitu lelap tertidur di salah satu ruang kelas SD Garot

[FOTO] Suasana Penampungan Korban Banjir di Kabupaten Aceh BesarPengungsi begitu lelap tertidur di salah satu ruang kelas SD Garot, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar (IDN Times/Saifullah)

Baca Juga: Hujan Deras Terus Menerus, Kota Banda Aceh Dilanda Banjir 

7. Sebuah keluarga pengungsi tampak sedang menyantap makan sahur

[FOTO] Suasana Penampungan Korban Banjir di Kabupaten Aceh BesarSebuah keluarga pengungsi tampak sedang menyantap makan sahur (IDN Times/Saifullah)

8. Kopi dan teh, bagian dari minuman yang disediakan di tempat pengungsian

[FOTO] Suasana Penampungan Korban Banjir di Kabupaten Aceh BesarKopi dan teh, bagian dari minuman yang disediakan di tempat pengungsian (IDN Times/Saifullah)

9. Warga berkumpul dan berjaga di luar ruang kelas

[FOTO] Suasana Penampungan Korban Banjir di Kabupaten Aceh BesarWarga berkumpul dan berjaga di luar ruang kelas (IDN Times/Saifullah)

10. Kantin sekolah yang disulap menjadi dapur umum di tempat pengungsian

[FOTO] Suasana Penampungan Korban Banjir di Kabupaten Aceh BesarKantin sekolah yang disulap menjadi dapur umum di tempat pengungsian (IDN Times/Saifullah)

Baca Juga: SD Garot Jadi Tempat Pengungsian Korban Banjir Aceh Besar

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya