Kanwil Kemenag Aceh Nyaris Habis Dilahap Si Jago Merah

Untung dapat segera dipadamkan

Banda Aceh, IDN Times - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh yang terletak di Jalan Abu Lau U, Kecamatan Baiturahman, Kota Banda Aceh, Aceh, nyaris habis dilahap si Jago Merah, Selasa (4/2) 13.30 WIB.

Api cepat dipadamkan oleh para pegawai kantor dan juga pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh setelah mengerahkan 2 unit armada pemadam posko induk dan 1 unit dari Pos Keudah.

1. Kebakaran terjadi saat para pegawai kantor sedang beristirahat

Kanwil Kemenag Aceh Nyaris Habis Dilahap Si Jago MerahKepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, Samhudi (IDN Times/Saifullah)

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, Samhudi mengatakan, kebakaran terjadi saat para pegawai sedang istirahat siang.

“Kebetulan kejadiannya terjadi saat jam istirahat, jadi hanya sejenak saja ada gangguan (kerja). Kejadiannya sekitar habis Zuhur, tiba-tiba ada yang melihat ada api, habis itu rekan-rekan semua sigap,” kata Samhudi, saat dijumpai di lokasi, Selasa (4/2).

2. Para pegawai berusaha memadamkan api dan pemadam datang 7 menit setelah kebakaran

Kanwil Kemenag Aceh Nyaris Habis Dilahap Si Jago MerahKanwil Kemenag Aceh dilahap si Jago Merah (IDN Times/Saifullah)

Setelah melihat adanya kobaran api, para pegawai kantor dikatakan Samhudi, langsung berupaya melakukan pemadaman dengan alat seadanya.

“Alhamdulillah dengan peralatan seadanya langsung sebagian mengambil air dan peralatan apa adanya. Sebagian lainnya langsung memanggil pemadam kebakaran,” ujarnya.

Mobil pemadam kebakaran dikatakan baru tiba di lokasi 7 menit setelah menerima pengaduan atau sekitar pukul 13.37 WIB.

3. Api diduga berasal dari kompresor pendingin ruangan di ruang humas

Kanwil Kemenag Aceh Nyaris Habis Dilahap Si Jago MerahKanwil Kemenag Aceh dilahap si Jago Merah (IDN Times/Saifullah)

Samhudi menduga api berasal dari alat pendingin ruangan yang ada di ruangan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Aceh. Pernyataan ini juga dibenarkan oleh Petugas Pusat Data dan Informasi DPKP Kota Banda Aceh, Yudi usai mendengarkan keterangan para saksi.

“Pada ruang humas tersebut yang bersangkutan mencium bau sesuatu yang terbakar dan terlihat dari arah jendela belakang terlihat api. Api tersebut mengakibatkan kaca di ruangan tersebut pecah. Api berasal dari komperesor AC (pendingin ruangan) humas tersebut yang diduga mengalami kornsleting.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian dan penyebab kebakaran selanjutnya masih ditangani pihak kepolisian.

Baca Juga: Ini 3 Penyebab Kebakaran Pada Mobil, Apa Saja?

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya