Comscore Tracker

Kapolda Aceh Dimutasi, Begini Rekam Jejaknya

Jabatan kapolda bakal diisi Irjen Pol Ahmad Haydar

Banda Aceh, IDN Times - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo, melakukan rotasi terhadap 504 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) di lingkungan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Salah satunya adalah Kapolda Aceh, Irjen Wahyu Widada.

Mutasi jabatan itu ini diketahui dari Surat Telegram Rahasia (STR) tertanggal 26 Juli 2021 yang ditandatangani oleh Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Gatot Eddy Pramono, atas nama kapolri.

Total ada lima STR yang diterbitkan, yakni ST/1506/VII/KEP./2021 terdapat 89 orang perwira Polri yang dimutasi, ST/1507/VII/KEP./2021 ada 129 nama perwira yang dimutasi, ST/1508/VII/KEP./2021 ada 214 nama perwira yang dimutasi, ST/1509/VII/KEP./2021 ada 34 nama perwira yang dimutasi, dan ST/1510/VII/KEP./2021 ada 38 nama perwira yang dimutasi.

Dalam STR ini dijelaskan mutasi dalam rangka pensiun dan adapula yang mendapat promosi jabatan.

1. Kapolda Aceh, Irjen Wahyu Widada menjadi salah seorang pati yang dimutasi

Kapolda Aceh Dimutasi, Begini Rekam JejaknyaKapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Wahyu Widada, M. Phil.,

Berdasarkan STR yang diterbitkan tanggal 26 Juli 2021, terdapat 89 orang perwira tinggi Polri dimutasi. Salah seorangnya adalah Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Aceh, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Wahyu Widada.

Wahyu Widada akan dipromosikan menduduki jabatan baru sebagai Asisten Sumber Daya Manusia (As SDM) Kapolri mengantikan Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan yang balal pensiun.

"Sementara, jabatan kapolda Aceh, diisi Irjen Pol Ahmad Haydar yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah (Polda) Aceh, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Winardy, pada Senin (26/7/2021).

2. Calon kapolda Aceh lulusan Akabri tahun 1988

Kapolda Aceh Dimutasi, Begini Rekam JejaknyaIrjen Pol Ahmad Haydar (Dok: Istimewa)

Winardy mengatakan, Ahmad Haydar sebelumnya mengawali karier di kepolisian dengan sejumlah jabatan di antaranya mulai dari Pama Polda Kalimantan Timur, Analis Kebijakan Madya Bareskrim Polri, Dir Reskrimsus Polda Sumut.

Lalu, menjadi Wadir Tipidter Bareskrim Polri, Wakapolda Jambi, Kapuslabfor Bareskrim Polri dan terakhir Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Lemdiklat Polri.

"Calon Kapolda Aceh yang baru merupakan lulusan adalah Akabri (Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) Tahun 1988 dan tempat kelahiran Kudus tahun 1965," ujarnya.

3. Sejumlah kapolres di jajaran Polda Aceh juga dirotasi

Kapolda Aceh Dimutasi, Begini Rekam JejaknyaIDN Times/Handoko

Selain itu dalam rotasi pejabat kali ini ada sejumlah kepala Kepolisian Resor (kapolres) yang ikut mutasi, yaitu Kapolres Aceh Tamiang, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ari Lasta Irawan akan mendapat jabatan baru sebagai Kabagada Rolog Polda Aceh. Penggantinya, AKBP Imam Asfali, yang menjabat Kasubdit II Reskrimum Polda Aceh.

Sementara AKBP Zulhir Destrian yang menjabat Kapolres Pidie mendapat promosi sebagai Wadir Polairud Polda Aceh. Jabatan Kapolres Pidie akan diisi AKBP Padli yang sebelumnya menjabat Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Aceh.

Lebih lanjut, AKBP Taufik Hidayat, yang selama ini menjabat Kapolres Bireuen akan menduduki Posisi Kabag Wassidik Ditresnarkoba Polda Aceh. Jabatan Kapolres Bireuen akan diisi AKBP Mike Hardy Wirapraja, yang sebelumnya menjabat Kapolres Aceh Singkil.

"Kapolres Aceh Singkil akan diduduki oleh AKBP Iin Maryudi Helman yang sebelumnya menjabat Kasubditkamsel Ditlantas Polda Aceh," ucap Winardy.

AKPB Siswono Adi Wijaya, yang menjabat Kapolres Bener Meriah diangkat dalam jabatan baru sebagai Irbid Itwasda Polda Aceh. AKBP Agung Surya Prabowo, yang selama ini menjabat Kapolres Simeulue menjadi Kapolres Bener Meriah.

Jabatan Kapolres Simeulue akan diisi AKBP Pandji Santoso, yang selama bertugas sebagai Kasubdit V Ditreskrimsus Polda Aceh.

Berikutnya Kapolres Aceh Utara AKBP Tri Hadiyanto, akan menduduki posisi baru sebagai Wadansat Brimob Polda Sumbar. AKBP Riza Faisal, yang sebelumnya menjabat Kapolres Palu akan mengisi posisi sebagai Kapolres Aceh Utara.

"Rotasi sejumlah Kapolres tersebut berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: 1508/VII/KEP./ 2021, tanggal 26-7-2021," tutup kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Aceh.

Baca Juga: Mutasi Polri: Kapolda Aceh Jadi Asisten SDM Kapolri

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya