Kece! Potret Merah Putih Berkibar di Bawah Laut hingga Bukit Sampah

Berbagai cara warga mengekspresikan hari kemerdekaan di Aceh

Banda Aceh, IDN Times - Kemerdekaan Republik Indonesia telah mencapai usia ke-75 tahun, tepat pada 17 Agustus 2020. Berbagai kegiatan digelar serta diisi oleh warga untuk menyemarakan hari kelahiran bangsa ini. Di antaranya mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih.

Jika biasanya bendera merah putih dikibarkan di tiang yang ada di tengah lapangan seperti kebanyakan. Tetapi tidak sedikit pula yang mengekspresikannya dengan cara serta lokasi masing-masing, seperti di bangunan, gunung, bahkan laut.

Begitu juga yang dilakukan oleh sejumlah elemen masyarakat maupun instansi pemerintahan di Aceh. Bagaimana sensasinya? Berikut kumpulan foto kegiatan pengibaran bendera merah putih menyambut Hari Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia.

1. Polairud Polda Aceh kibarkan Merah Putih di dasar laut kawasan Tugu Nol Indonesia

Kece! Potret Merah Putih Berkibar di Bawah Laut hingga Bukit SampahPengibaran Bendera Merah Putih di Dasar Laut Kawasan Tugu Nol Indonesia, Kota Sabang, Aceh (Foto: Istimewa)

Personel Direktorat Polisi Perairan dan Udara Kepolisian Daerah Aceh mengibarkan bendera merah putih di dasar laut kawasan Tugu Nol Kilometer Indonesia, Pulau Weh, Kota Sabang, Aceh.

Kegiatan yang melibatkan 17 personel tersebut dilakukan dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun.

Baca Juga: Biografi Teuku Umar, Pahlawan Aceh yang Berhasil Menipu Belanda 2 Kali

2. Pemuda di Aceh Barat kibarkan Merah Putih di dalam warung kopi

Kece! Potret Merah Putih Berkibar di Bawah Laut hingga Bukit SampahSejumlah pemuda mengibarkan bendera merah putih di dalam sebuah warung kopi di Kabupaten Aceh Barat Daya (Foto: Istimewa)

Lagu Indonesia Raya menggema di sebuah warung kopi yang ada di Gampong Gelempang Payong, Kecamatan Balangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh. Bersamaan dengan itu, selembar bendera merah putih dikibarkan di dalam warung tersebut.

Bersamaan dengan itu, sejumlah pemuda yang ada di dalam warung kopi langsung memberikan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih. 

3. Pengibaran merah putih di dalam Gua Limeng

Kece! Potret Merah Putih Berkibar di Bawah Laut hingga Bukit SampahPengibaran bendera di dalam Gua Limeng, Gampong Kulee, Kecamatan Batee, Kabupaten Pidie, Aceh (Foto: Istimewa)

Sekelompok pemuda pemuda melakukan pengibaran bendera merah putih di dalam Gua Limeng, kawasan Gampong Kulee, Kecamatan Batee, Kabupaten Pidie, Aceh, pada Minggu (16/8/2020).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Jabal Everest Unigha Sigli dan Mapala Cempaga Stikes MNI Sigli, berkaloborasi dengan Komunitas Cerita Pidie dan Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Pidie itu bertajuk Cave For Indonesia, dengan tema “Cinta Alam ini, Cinta Indonesia”.

4. Kibarkan merah putih di bukit sampah

Kece! Potret Merah Putih Berkibar di Bawah Laut hingga Bukit SampahKader Bela Negara, Srikandi Merah Putih dan Alumni Parade Cinta Tanah Air, kibarkan bendera di bukit sampah, Kota Banda Aceh (Foto: Antara)

Kader Bela Negara, Srikandi Merah Putih dan Alumni Parade Cinta Tanah Air, mengibarkan bendera merah putih di kawasan perbukitan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Banda Aceh, Minggu (16/8/2020). 

5. Panjat tower setinggi 60 meter demi kibarkan merah putih

Kece! Potret Merah Putih Berkibar di Bawah Laut hingga Bukit SampahPersonel Bhabinkamtibmas Polsek Langkahan, Aceh Utara Brigadir Irvan memanjat tower setinggi 60 meter untuk mengibarkan bendera merah putih bertepatan denga HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020). (Foto Dok Polsek Langkahan)

Brigadir Irvan, seorang personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kepolisian Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, memanjat tower setinggi 60 meter untuk bisa mengibarkan bendera merah putih di atasnya.

Bendera berukuran 120 x 180 centimeter itu kemudian di pasang di tower milik operator telepon seluler, kawasan Gampong Simpang Tiga, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara.

6. Bendera raksasa berkibar di bukit Aceh Besar

Kece! Potret Merah Putih Berkibar di Bawah Laut hingga Bukit SampahKepolisian Sektor Kuta Malaka mengibarkan bendera panjang di atas bukit di Bukit Tertinggi Lam Ara, Aceh Besar (Foto: Dok Polsek Kuta Malaka)

Kepolisian Sektor Kuta Malaka mengibarkan bendera raksasa di kawasan perbukitan yang ada di Gampong Lam Ara Tunong, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, pada Senin (17/8/2020).

Bendera sepanjang sepuluh meter tersebut kemudian dibentangkan di atas puncak bukit tertinggi dari perbukitan yang ada di kawasan itu.

Baca Juga: Mengenal DI Panjaitan, Pahlawan yang Gugur Tragis di Lubang Buaya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya