Pelayaran ke Kota Sabang Masih Berlanjut Meski Virus Corona Mewabah

Belum ada intruksi menghentikan pelayaran

Banda Aceh, IDN Times - Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelabuhan Ulee Lheue tetap melaksanakan pelayaran untuk mengangkut para penumpang yang akan menyeberang dari Kota Banda Aceh menuju ke Kota Sabang.

Pihak pelabuhan sempat membantah terkait adanya informasi bahwa adanya penghentian pengoperasian kapal penyeberangan dari daratan Aceh ke Sabang dalam mencegah penyebaran virus corona atau Corona Virus Disesase 2019 (COVID-19)

“Ada keberangkatannya dan tidak dihentikan,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelabuhan Ulee Lheue, Muhammad Isa saat dikonfirmasi, Senin (16/3).

Bahkan, amatan IDN Times, para penumpang yang akan berangkat ke Sabang terlihat ramai. Mereka tampak dicek suhu tubuhnya dengan menggunakan alat pengukur suhu tubuh sebelum masuk ke ruang tunggu dan menaiki kapal.

1. Tetap berangkat sesuai jadwal yang telah ditetapkan

Pelayaran ke Kota Sabang Masih Berlanjut Meski Virus Corona MewabahKMP Tanjung Burang ketika merapat di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Selain tidak adanya informasi penghentian penyeberangan, hingga hari ini pengoperasian kapal, dikatakan Isa, juga masih sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Insyaallah untuk Pelabuhan Ulee Lheue ke Sabang, keberangkatan kapal cepat dan kapal lambat tetap berangkat pada jadwal yang sudah ditentukan untuk hari ini,” katanya.

Tak hanya penyeberangan dari Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh saja, namun pelayaran dari Pelabuhan Balohan, Sabang ke daratan Aceh juga masih seperti biasa. Belum ada informasi mengenai pemberhentian pelayaran.

“Dan untuk penyeberangan dari Sabang juga seperti biasa masih. Belum ada penyetopan kapal berangkat,” lanjutnya.

Baca Juga: Mau Nyeberang ke Sabang, Penumpang Dicek Dulu Suhu Tubuhnya

2. Belum mendapat surat edaran berhenti berlayar dan masih munggu informasi lanjutan

Pelayaran ke Kota Sabang Masih Berlanjut Meski Virus Corona MewabahPenumpang saat sedang diperiksa kesehatannya oleh petugas Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Dihentikan atau tidaknya kapal yang akan menyeberang dari Banda Aceh menuju ke Sabang mau pun sebaliknya, dikatakan Isa, masih menunggu keputusan dari kedua pimpinan daerah.

Akan tetapi, hingga saat ini pihak Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelabuhan Ulee Lheue mengaku belum ada mendapat surat edaran mengenai penghentian pengoperasian kapal.

“Kemudian ada berita kapal besok atau nantinya (tidak berangkat) kami masih menunggu kabar yang jelas dari atasan serta wali Kota Sabang dan Wali Kota Banda Aceh untuk kejelasannya. Tetapi untuk surat edarannya belum ada,” ujar Isa.

3. Masyarakat diminta tidak khawatir dengan informasi yang belum tentu benar

Pelayaran ke Kota Sabang Masih Berlanjut Meski Virus Corona MewabahSuasana di Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelabuhan Ulee Lheue meminta kepada masyarakat yang akan menggunakan jasa penyeberangan dari Pelabuhan Ulee Lheue ke Pelabuhan Balohan untuk tidak menghiraukan informasi yang belum tentu kebenarannya tersebut.

Selama belum dikeluarkannya surat edaran dari kedua pemerintah kota, keberangkatan dikatakan Isa masih seperti biasa.

“Untuk masyarakat tidak perlu mewaspadai untuk jadwal keberangkatan sebab masih seperti biasa untuk hari ini. Untuk besok kita masih menunggu hasil keputusan rapat dari pihak-pihak terkait tentang keberangkatan,” jelasnya.

Sehubungan dengan itu, dalam waktu dekat, ia beserta sejumlah instansi lainnya akan mengadakan rapat di pendopo wali Kota Banda Aceh.

“Untuk membicarakan mengenai COVID-19 atau virus corona serta membahas permasalahan yang ada di lapangan,” tutupnya.

Baca Juga: Pemkot Sabang Bantah Minta Hentikan Operasi Penyeberangan 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya