Pengantin Baru Tewas, Suami Diduga Bunuh Diri Usai Habisi Nyawa Istri

Ayah korban sempat dengar suara anaknya memanggil-manggil

Bireuen, IDN Times - Kasus kematian pasangan pengantin baru di Bireuen, Aceh mulai terungkap. AK (33) dan KA (34) ditemukan tewas di dalam kamar tidur rumah orangtuanya di Kecamatan Gandapura, Bireuen, pada Kamis 3 Juni 2021.

Di masing-masing leher dari pasangan yang baru menikah 24 Mei 2021 ini, terlihat ada bekas luka sayat. Jasad keduanya pertama kali ditemukan oleh MHA, ayah pengantin perempuan yang tinggal serumah bersama mereka.

Dari penyelidikan polisi, AK diduga melakukan aksi bunuh diri dengan menyayat lehernya sendiri usai menghabisi nyawa istrinya.

1. Diduga kasus pembunuhan sekaligus bunuh diri

Pengantin Baru Tewas, Suami Diduga Bunuh Diri Usai Habisi Nyawa IstriIlustrasi penganiayaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Bireuen, AKP AKP Fadillah Aditya Pratama mengatakan, dugaan sementara itu berdasarkan keterangan dari saksi, MHA dan TH, orang tua dari Kartini.

Sebab keduanya orang yang pertama kali menemukan tubuh anak dan menantunya tersebut. "Berdasarkan keterangan saksi MHA dan TH juga menguatkan adanya pembunuhan terhadap korban --KA-- yang diduga dilakukan oleh pelaku --AK--," kata Aditya, pada Sabtu (5/6/2021).

2. Saksi sempat mendengar anaknya memanggil-manggil

Pengantin Baru Tewas, Suami Diduga Bunuh Diri Usai Habisi Nyawa IstriIlustrasi penusukan (IDN Times/Sukma Shakti)

Sebelum ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa, sekitar pukul 04.00 WIB, saksi, yang berada di kamar lainnya sempat mendengar suara anak perempuannya memanggil-manggil dirinya.

Dikarenakan penasaran, saksi pun dikatakan Aditya, mengetuk pintu kamar pasangan tersebut guna menanyakan perihal apa yang terjadi dengan sang anak.

Bukannya KA menyahut, suara ketukan pintu langsung dijawab AK. Ia mengatakan bahwa korban sedang mengigau sehingga memanggil-manggil saksi.

Merasa wajar, sang ayah lalu duduk di ruang tamu. Dirinya baru merasa curiga dengan keadaan anaknya di dalam kamar setelah tidak lagi mendengar suara apapun dari ruang tidur pasangan baru tersebut.

"Sekitar 10 menit kemudian MHA tidak mendengar suara apa-apa lagi, maka ia keluar rumah lalu mendobrak jendela kamar korban, dan melihat korban dan pelaku sudah berlumuran darah," ujar Aditya.

Baca Juga: Pasangan Pengantin Baru di Bireuen Tewas dengan Luka Sayat di Leher

3. Pelaku sempat sekarat saat ditemukan

Pengantin Baru Tewas, Suami Diduga Bunuh Diri Usai Habisi Nyawa Istri(Ilustrasi pembunuhan dan olah TKP) IDN Times/Mia Amalia

Melihat kejadian itu, saksi memberitahu kepada sang istri dan ke saksi lainnya bernama Musnaidir. Kemudian, pintu kamar didobrak oleh Musnaidir.

"Ditemukan korban sudah meninggal dunia, sedangkan pelaku masih bernapas (sekarat) tidak lama kemudian meninggal dunia," imbuh Aditya.

Kejadian itu selanjutnya diberitahu ke Geuchik Cot Jabet, Maulidar dan diteruskan kepada pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Gandapura. Pihak polsek setempat pun berkoordinasi dengan Sat Reskrim Polres Bireuen untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Dari hasil olah TKP diketahui bahwa telah terjadi tindak pidana pembunuhan terhadap Kartini yang diduga dilakukan oleh pelaku AK, suami korban. Itu disimpulkan setelah diketahui beberapa barang bukti maupun keterangan dari saksi di lapangan.

"Dilihat kaku mayat korban yang diduga sudah meninggal sekitar pukul 04.00 WIB atau 1 jam sebelum diketahui, sedangkan pelaku baru meninggal dunia. Selain itu ditemukan 1 buah silet SDI di tangan kanan," jelas Aditya.

"Hasil olah TKP, keterangan saksi, dan petunjuk bahwa pelaku melakukan pembunuhan terhadap korban diduga dengan cara menggorok leher korban dengan menggunakan silet SDI. Setelah korban meninggal dunia pelaku melakukan bunuh diri menggorok leher sendiri juga dengan menggunakan silet SDI tersebut," imbuhnya.

4. Motif pembunuhan dikarenakan ada masalah rumah tangga

Pengantin Baru Tewas, Suami Diduga Bunuh Diri Usai Habisi Nyawa IstriIlustrasi kecelakaan (IDN Times/Mardya Shakti)

Jenazah keduanya sudah dilakukan visum et repertum bagian luar di Puskesmas Gandapura. Di lokasi, polisi menemukan sejumlah barang bukti, seperti sebuah silet bercak darah, dua unit gawai, satu saset bekas obat kuat, beberapa butir pil --diduga obat kuat-- berbentuk lonjong warna hitam dan bulat berwarna cokelat.

Kasus tersebut hingga kini masih proses penyelidikan dan penyidikan yang ditangani Sat Reskrim Polres Bireuen dan Unit Reskrim Kepolisian Sektor (Polsek) Gandapura.

"Motif saat ini adanya masalah internal rumah tangga di antara keduanya, secara spesifik masih kami dalami," ucap Kepala Sat Reskrim Polres Bireuen tersebut.

Baca Juga: Salahgunakan Wewenang, Polri Akan Periksa Eks Dirkrimsus Polda Aceh

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya