Potret Pemeriksaan Pasien RSJ yang Diduga Polisi Korban Tsunami Aceh

Mulai darah hingga tanda khusus diperiksa petugas

Tim Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Kepolisian Daerah Aceh coba memastikan identitas Zainal Abidin yang diduga Ajun Brigadir Polisi Asep, dengan mengambil Sample Swab Buccal DNA dan sidik jari.

Kepala Bidang Dokkes, Komisaris Besar Polisi drg Arios Bismark menyampaikan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan kalau Zainal Abidin benar anggota polisi yang dinyatakan hilang saat tsunami menerjang Aceh pada Tahun 2004 silam.

"Ini tetap harus kita lakukan untuk memastikan kalau yang bersangkutan benar Asep, anggota brimob yang dinyatakan hilang saat Tsunami Aceh," kata Arios dalam keterangan yang diterima, Sabtu (20/3/2021).

Tak hanya DNA, Biddokkes Polda Aceh juga telah melakukan pemeriksaan fisik seperti tanda lahir, spesimen wajah, dan tanda lainnya yang autentik. Selain itu, pemeriksaan sidik jari untuk membantu mengetahui identitas juga telah dilakukan pihak Inafis.

Sebelumnya diberitakan, Ajun Brigadir Polisi Anumerta Asep, seorang anggota Brimob Resimen II Kedung Halang Bogor yang ditugaskan dalam pasukan Bantuan Keamanan Operasional Brimob Resimen II Kedung Halang Bogor ke Kepolisian Daerah Aceh, sempat dinyatakan hilang dan meninggal dunia dalam peristiwa gempa dan tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 lalu.

Belakangan, keberadaan personel lulusan Sekolah Tamtama Polri tahun 1999/2000, diduga berada di Rumah Sakit Jiwa Aceh, di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Seorang pasien pria yang sedang menjalani perawatan psikis di rumah sakit tersebut diduga adalah Asep. Pasukan yang kala itu masih Bhayangkara Muda dan ditugaskan di Poskotis Brimob Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, pada 2004 silam.

1. Tim Biddokkes Polda Aceh ketika memeriksa Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep

Potret Pemeriksaan Pasien RSJ yang Diduga Polisi Korban Tsunami AcehTim Biddokkes Polda Aceh ketika memeriksa Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep (IDN Times/Istimewa)

2. Pengambilan sampel darah vena

Potret Pemeriksaan Pasien RSJ yang Diduga Polisi Korban Tsunami AcehTim Biddokkes Polda Aceh ketika mengambil sampel darah vena Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep (IDN Times/Istimewa)

3. Pengambilan sample Swab Buccal DNA

Potret Pemeriksaan Pasien RSJ yang Diduga Polisi Korban Tsunami AcehTim Biddokkes Polda Aceh ketika sample Swab Buccal DNA Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep (IDN Times/Istimewa)

4. Proses pengambilan sidik jari

Potret Pemeriksaan Pasien RSJ yang Diduga Polisi Korban Tsunami AcehTim Biddokkes Polda Aceh ketika mengambil sidik jari Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep (IDN Times/Istimewa)

5. Pencocokan tekanan tanda tangan

Potret Pemeriksaan Pasien RSJ yang Diduga Polisi Korban Tsunami AcehTim Biddokkes Polda Aceh ketika pencocokan tekanan tanda tangan Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep (IDN Times/Istimewa)

Baca Juga: Pasien RSJ yang Diduga Polisi Korban Tsunami Pernah Coba Dipulangkan

6. Pengukuran luka di pelipis mata kiri Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep

Potret Pemeriksaan Pasien RSJ yang Diduga Polisi Korban Tsunami AcehTim Biddokkes Polda Aceh ketika mengukur luka di pelipis mata kiri Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep (IDN Times/Istimewa)

7. Pemriksaan tanda khusus pada telinga kanan Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep

Potret Pemeriksaan Pasien RSJ yang Diduga Polisi Korban Tsunami AcehTim Biddokkes Polda Aceh ketika memeriksa tanda khusus pada telinga kanan Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep (IDN Times/Istimewa)

8. Pengambilan data guna memastikan bahwa Zainal Abidin adalah Abrip Asep

Potret Pemeriksaan Pasien RSJ yang Diduga Polisi Korban Tsunami AcehTim Biddokkes Polda Aceh ketika pengambilan sidik jari Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep (IDN Times/Istimewa)

9. Abrip Asep dengan baju dinas kepolisian dan Zainal Abidin mengenakan baju merah muda (pria yang diduga sebagai Abrip Asep)

Potret Pemeriksaan Pasien RSJ yang Diduga Polisi Korban Tsunami AcehAbrip Asep ketika menggunakan seragam kepolisian di masa lalu dan pria yang diduga Asep saat ini (Istimewa)

10. Personel Brimob Polda Aceh foto bersama Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep

Potret Pemeriksaan Pasien RSJ yang Diduga Polisi Korban Tsunami AcehAbripda Asep, Polisi yang hilang saat Tsunami Aceh telah ditemukan di Rumah Sakit Jiwa (Instagram.com/ndorobeii)

Baca Juga: Viral, Polisi Ini Hilang saat Tsunami Aceh 2004, Ternyata di RSJ

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya