Puting Beliung Hancurkan 36 Unit Bangunan di Aceh Tengah

Sebagian warga mengungsi ke lapangan voli

Aceh Tengah, IDN Times - Akibat cuaca buruk, puluhan rumah di Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, luluh lantak dihantam puting beliung yang terjadi pada, Selasa (25/8/2020) kemarin, sekira pukul 17.30 WIB.

“Cuaca ekstrem berupa angin kencang atau puting beliung,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Sunawardi, Rabu (26/8/2020).

1. Ada empat desa yang diterjang puting beliung

Puting Beliung Hancurkan 36 Unit Bangunan di Aceh TengahAngin puting beliung menerjang Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah (Foto: Istimewa)

Sunawardi mengatakan, ada empat desa (gampong) di Kecamatan Pegasing yang mengalami kerusakan usai diterjang angin puting beliung pada Selasa sore kemarin.

Adapun keempat desa tersebut, yakni Gampong Belang Bebangka, Kayu Kul, Jurusen, dan Kute Lintang.

Baca Juga: WOW! Dalam 6 Bulan, Aceh Dilanda 505 Kali Bencana

2. Sebanyak 36 unit bangunan mengalami kerusakan

Puting Beliung Hancurkan 36 Unit Bangunan di Aceh TengahAngin puting beliung menerjang Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah (Foto: Istimwa)

Berdasarkan data yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Aceh hingga Rabu (26/8/2020) pukul 11.23 WIB, tercatat ada 36 unit bangunan, baik rumah, tempat usaha, dan fasilitas umum lainnya mengalami kerusakan.

Di Gampong Blang Bebangka ada tujuh unit rumah mengalami kerusakan. Sementara di Gampong Jurusen 10 unit rumah, tiga unit fasilitas umum, dan tiga unit tempat usaha. Sedangkan di Gampong Kayu Kul 12 unit, dan di Gampong Kute Lintang satu unit.

3. Sekitar lima kepala keluarga mengungsi, empat orang mengalami luka ringan

Puting Beliung Hancurkan 36 Unit Bangunan di Aceh TengahAngin puting beliung menerjang Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah (Foto: Istimewa)

Sunawardi menyebutkan, adapun lokasi pengungsian serta dapur umum saat ini dipusatkan di lapangan voli yang ada di Gampong Jurusen kecamatan setempat. Di tempat tersebut terdata ada lima kepala keluarga yang mengungsi untuk sementara waktu.

“Di sana ada sebanyak lima kepala keluarga atau 20 jiwa yang mengungsi. Sedangkan untuk korban jiwa ada empat orang mengalami luka ringan,”  katanya.

Sementara itu, tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Aceh Tengah beserta petugas dari TNI, Polri maupun instansi lainnya, sedang melakukan pembersihan pohon dan rumah penduduk yang rusak diterjang puting beliung.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Tol Pertama di Aceh Sepanjang 74 Km

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya