Sedih, Kakek Tenggelam Saat Menyelamatkan Cucunya yang Terseret Ombak

Lebih 8 jam mayatnya baru ditemukan

Bireuen, IDN Times - Jasad Bachtiar warga Pante Rheng Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen, Aceh, akhirnya ditemukan, pada Kamis (16/1) sekira pukul 02.10 WIB oleh tim gabungan yang melakukan pencarian.

Ditemukan dalam kondisi tak bernyawa lagi, pria yang telah berusia 65 tahun itu sebelumnya dikabarkan menghilang karena diseret ombak di pantai yang ada di kawasan Gampong Pante, pada Rabu (15/1).

Dalam pencarian ini, melibatkan sejumlah personel dari Pos Siaga SAR Bireuen, TNI, Polri, pemadam kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, nelayan maupun masyarakat setempat.

1. Berupaya menyelamatkan anak-anak yang tenggelam, salah seorang adalah cucunya

Sedih, Kakek Tenggelam Saat Menyelamatkan Cucunya yang Terseret OmbakDok.IDN Times/Istimewa

Berdasarkan informasi yang didapatkan, saat itu sebelum tenggelam dan hilang dibawa ombak, awalnya Bachtiar berada di sekitar pantai yang ada di kawasan Gampong Pante. Di tempat itu juga, ada sejumlah anak-anak termasuk cucunya sedang bermain bola yang kemudian dilanjutkan dengan mandi di pantai.

Tiba-tiba, sekitar pukul 17.00 WIB, tiga anak dikabarkan terseret ombak ke tengah laut, salah seorang dari anak itu adalah cucu Bachtiar. Mendengar kabar tersebut, sang kakek lalu berupaya melakukan penyelamatan dengan langsung terjun ke laut . Selain Bachtiar, para nelayan juga berupaya memberikan pertolongan dengan menggunakan dua unit boat.

“Korban mencoba menyelamatkan cucunya yang akan tenggelam pada saat mandi di pantai. Cucunya tersebut berhasil selamat namun korban tenggelam dan hilang,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Search and Rescue (SAR) Kelas A Banda Aceh, Budiono saat dikonfirmasi, Kamis (16/1).

2. Bachtiar hilang dan dilakukan pencarian

Sedih, Kakek Tenggelam Saat Menyelamatkan Cucunya yang Terseret OmbakUpaya tim SAR Bireuen (IDN Times/SAR Bireuen)

Upaya para nelayan untuk menyelamatkan tiga anak yang tenggelam, berhasil. Akan tetapi, mereka baru menyadari bahwa Bachtiar yang awalnya ikut melakukan pencarian hilang ketika sudah berada di darat. Mereka kembali melakukan pencarian, namun tidak berhasil hingga selanjutnya meminta bantuan dengan menghubungi pihak Pos Siaga SAR Bireuen.

“Setelah menerima informasi, personel dari Pos Siaga SAR Bireuen, sekira pukul 18.40 WIB bergerak ke lokasi untuk melakukan pencarian,” ujar Budiono.

Tim Pos Siaga SAR Bireuen selanjutnya melakukan pencarian dengan penyisiran ke arah barat radius 1 NM dari LKP dengan menggunakan 1 unit perahu karet hingga Pukul 22.00 WIB.

3. Bachtiar ditemukan setelah beberapa jam tenggelam

Sedih, Kakek Tenggelam Saat Menyelamatkan Cucunya yang Terseret OmbakIlustrasi. dopaminedarling.com

Pencarian terhadap Bachtiar terus dilakukan dengan menyisir seputaran pantai yang ada di kawasan Gampong Pante. Bahkan, pencarian dilakukan hingga Kamis dini hari.

“Pada pukul 02.10 WIB, tim mendapatkan info dari masyarakat bahwa korban sudah ditemuķan di pinggir pantai dekat dengan lokasi tempat korban meninggal, namun sudah dalam kondisi meninggal dunia,” ungkap Budiono.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan atau SAR Kelas A Banda Aceh mengatakan, usai dilakukan evakuasi, jasad korban langsung dibawa ke puskesmas terdekat untuk divisum sebelum dikembalikan kepada pihak keluarga.

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya