Seorang Warga Terluka Akibat Ledakan di Aceh, Ditemukan Serpihan Logam

Polisi belum pastikan itu bom

Banda Aceh, IDN Times - Seorang wanita warga Gampong Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh, mengalami luka ringan.

Diduga ibu rumah tangga tersebut terkena serpihan bekas ledakan yang terjadi di Jalan Teungku Di Lhong I, pada Senin (1/3/2021).

"Untuk sementara tadi ada seorang, kakinya terluka sudah dibawa ke rumah sakit," kata Kepala Kepolisian Resor Kota Banda Aceh, Komisaris Besar Polisi Joko Krisdiyanto, ketika ditemui di lokasi, pada Senin (1/3/2021).

1. Masih memastikan kebenaran luka yang dialami korban

Seorang Warga Terluka Akibat Ledakan di Aceh, Ditemukan Serpihan LogamLokasi ledakan yang terjadi di Kota Banda Aceh (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Meski korban telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan, akan tetapi pihak kepolisian masih mendalami kebenaran apakah luka yang dialami merupakan akibat serpihan ledakan.

"Kebetulan pada saat kejadian, jalan ini sedang kosong. Tadi ada ibu-ibu yang terluka, itu belum tahu kita apakah karena terkena serpihan atau bukan," ujar Joko Krisdiyanto.

2. Hasil penyisiran sementara, ditemukan serpihan logam di lokasi ledakan

Seorang Warga Terluka Akibat Ledakan di Aceh, Ditemukan Serpihan LogamPersonel Polda Aceh sedang lakukan penyisiran lokasi ledakan yang terjadi di Gampong Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Diberitakan sebelumnya, warga Gampong Lhong Raya digegerkan dengan adanya suara ledakan yang diduga berasal dari bahan peledak.

Ledakan yang terjadi sekitar pukul 10.30 WIB itu berasal dari satu unit gerobak kosong yang diletakkan di bahu Jalan Teungku Di Lhong I.

Beberapa saat kemudian, Tim Penjinak Bom (Jibom) Kepolisian Daerah Aceh diterjunkan ke lokasi guna melakukan penyisiran. Hasilnya, ditemukan beberapa serpihan logam dari ledakan.

"Setelah kita lihat di situ, memang ada serpihan-serpihan tetapi kita belum tahu jenisnya," ungkap Joko Krisdiyanto.

Baca Juga: [BREAKING] Ada Gerobak Meledak di Banda Aceh, Tim Penjinak Bom Turun

3. Serpihan logam telah dibawa untuk uji laboratorium

Seorang Warga Terluka Akibat Ledakan di Aceh, Ditemukan Serpihan LogamPersonel Polda Aceh sedang lakukan penyisiran lokasi ledakan yang terjadi di Gampong Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Serpihan logam yang ditemukan di lokasi ledakan telah dibawa Tim Jibom guna dilakukan uji laboratorium forensik (labfor) untuk mengetahui jenis serpihan tersebut.

Walau telah membawa barang bukti awal, di lokasi yang masih dipagari garis polisi tersebut masih dilakukan pencarian serpihan-serpihan lainnya.

"Sekarang masih ditangani Inafis, nanti hasil pendalaman dan temuan-temuan baru akan kita bawa labfor," ujarnya.

"Baru kelihatan satu logam, kita belum lihat secara keseluruhan," imbuh Joko Krisdiyanto.

4. Polisi belum bisa pastikan ledakan berasal dari bom

Seorang Warga Terluka Akibat Ledakan di Aceh, Ditemukan Serpihan LogamTim Jibom Polda Aceh sedang lakukan penyisiran lokasi ledakan yang terjadi di Gampong Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh (IDN Times/Istimewa)

Polisi telah membawa sejumlah serpihan hangy diduga berasal dari ledakan, akan tetapi Joko Krisdiyanto mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah ledakan yang berasal dari gerobak itu merupakan bom.

Namun kepala Kepolisian Resor Kota Banda Aceh itu memastikan jika gerobak tersebut kosong dan tidak ada diisi barang-barang dagangan termasuk tabung gas.

"Ledakannya sekali terjadi. (Adanya tabung gas) untuk sementara tidak ada. Memang kosong itu tempatnya," tutupnya.

Baca Juga: Diduga Bom, Gerobak yang Meledak di Aceh Biasa untuk Jualan Nasi 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya