Comscore Tracker

Terjerat Kasus, Polri Copot Dirkrimsus Polda Aceh Kombes Margiyanta

Polda Aceh belum beberkan kasus yang menjerat Margiyanta

Banda Aceh, IDN Times - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo merotasi sejumlah perwira tinggi dan menengah yang ada di lingkup Polri.

Keputusan rotasi tersebut tertuang dalam surat telegram kepala Polri dengan nomor ST/1129/VI/KEP/2021 yang diteken, pada Selasa (1/6/2021).

Salah satu perwira yang diganti yakni, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Margiyanta, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dir Reskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Aceh.

"Iya, benar," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Aceh, Kombes Pol Winardy saat membenarkan, pada Rabu (2/6/2021).

1. Diganti karena dalam rangka pemeriksaan

Terjerat Kasus, Polri Copot Dirkrimsus Polda Aceh Kombes MargiyantaKombes Pol Margiyanta (Dok Polri)

Dalam surat telegram tersebut, Kombes Pol Margiyanta yang kini ditunjuk sebagai Perwira Menengah Pelayanan Markas (Pamen Yanma) Polri. Akan tetapi, statusnya masih dalam rangka pemeriksaan.

Winardy tidak mengetahui secara pasti kasus apa yang menjerat Margiyanta.

"Kami tidak punya info terkait materi pemeriksaan, pemeriksaannya dilakukan oleh Div Propam Polri," ungkapnya.

Baca Juga: Bunuh Korban, 1 Dari 3 Perampok di Medan Ditembak Mati Polisi

2. Ada beberapa kasus korupsi di Aceh yang sedang ditangani Dir Krimsus

Terjerat Kasus, Polri Copot Dirkrimsus Polda Aceh Kombes MargiyantaIlustrasi Kerja Sama Koruptor (IDN Times/Mardya Shakti)

Winardy menyampaikan, belakangan ini ada beberapa kasus dugaan korupsi yang sedang ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Aceh.

Di antaranya, dugaan korupsi pengadaan sapi, dugaan korupsi dana beasiswa yang melibatkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), dan dugaan korupsi bebek.

"Ini ada beberapa kasus, seperti sapi kurus, beasiswa dan bebek," ungkap Winardy.

3. Kasus akan tetap dijalankan oleh Dirkrimsus yang baru

Terjerat Kasus, Polri Copot Dirkrimsus Polda Aceh Kombes MargiyantaKasus korupsi yang diungkap Polda Aceh (Dok Istimewa)

Polda Aceh memastikan beberapa kasus dugaan korupsi yang masih ditangani Dit Reskrimsus Polda Aceh akan tetap dilanjutkan meski direktur telah berganti.

"Walau dir diganti tetapi kebjikan Polda tetap akan memproses kasus korupsi sampai ke pengadilan," ujar Winardy.

Adapun orang yang menggantikan posisi Kombes Pol Margiyanta, yakni Kombes Pol Sony Sonjaya. Sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda Aceh.

Baca Juga: Begal Viral di Medan, Ternyata Residivis dan Pembunuh Abang Kandung

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya