Comscore Tracker

Vaksinasi Lansia Masih 5 Persen, Pemko Banda Aceh akan Jemput Bola

Harus jemput bola untuk vaksinasi bagi lansia

Banda Aceh, IDN Times - Pemerintah Kota Banda Aceh menyelenggarakan sentra vaksinasi COVID-19 khusus bagi warga lanjut usia (lansia) untuk pertama kalinya di Banda Aceh, pada Kamis (10/6/2021).

Kegiatan tersebut dipusatkan di Komplek Museum PLTD Apung, Gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Aceh.

Vaksinasi ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh beserta UNICEF, KPC PEN (Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), PKK Provinsi Aceh, serta Kominfo ini.

"Hari ini kita lakukan gebyar vaksinasi untuk lansia yang bekerja sama dengan PKK Provinsi Aceh, Unicef Aceh, dan KPC PEN," kata Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin, pada Kamis (10/6/2021).

1. Jumlah lansia yang divaksinasi di Kota Banda Aceh masih minim

Vaksinasi Lansia Masih 5 Persen, Pemko Banda Aceh akan Jemput BolaWarga jalani vaksinasi COVID-19 di Museum PLTD Apung di Banda Aceh, Aceh (Foto: AJI Banda Aceh)

Vaksinasi dikatakan Zainal, merupakan salah satu ikhtiar untuk menekan peningkatan kasus COVID-19.

Cakupan vaksinasi COVID-19 bagi warga lansia di Kota Banda Aceh sendiri, diakuinya, saat ini berkisar sekitar 5 persen. Oleh karena itu kegiatan vaksinasi lansia massal diharapkan bisa meningkatkan jumlah warga yang telah divaksin.

"Angka ini diharapkan dapat meningkat sehingga semakin banyak lansia yang mendapatkan vaksinasi, agar terhidar dari risiko gejala berat, rawat ICU, atau kematian akibat COVID-19," ujarnya.

Baca Juga: Vaksinasi Massal Bikinan Wali Kota Bobby Nasution Picu Kerumunan

2. Vaksinasi massal ditargetkan kepada 16 ribu lansia

Vaksinasi Lansia Masih 5 Persen, Pemko Banda Aceh akan Jemput BolaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Lansia menjadi target prioritas vaksinasi di Kkta Banda Aceh selama Juni 2021. Itu disampaikan, mengingat lebih 80 persen kasus meninggal dunia akibat COVID-19 di Banda Aceh adalah pasien berusia lebih 50 tahun.

"Sedikitnya 16 ribu lansia menjadi target vaksinasi Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh yang mencakup 9 kecamatan," kata Zainal.

Meski lansia menjadi target utama, namun peserta vaksinasi yang hadir diakui Zainal juga diikuti oleh masyarakat berusia 50 tahun ke bawah.

"Ini menunjukkan bahwa kita sudah lebih memahami bagaimana vaksin ini penting," imbuhnya.

3. Gebrakan yang sama juga akan dilakukan hingga tingkat desa

Vaksinasi Lansia Masih 5 Persen, Pemko Banda Aceh akan Jemput BolaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Gebyar vaksinasi lansia dikatakan wakil wali Kota Banda Aceh, merupakan langkah awal untuk pembukaan pos atau sentra vaksinasi di tingkat desa.

Untuk itu, puskesmas akan melakukan 'jemput bola' dengan membuka pos vaksinasi di tingkat desa dengan bekerja sama dengan muspika dan aparatur desa. "Apalagi di tingkat camat, ada ambulans yang siap menjemput," kata Zainal.

Sebagai penyintas COVID-19, Zainal berharap seluruh masyarakat Kota Banda Aceh mau divaksinasi.

"Yakinlah pemerintah berupaya bagaimana menyejahterakan rakyat dan bagaimana membuat masyarakat ini lebih sehat," tutupnya.

Baca Juga: Sanksi Pecat Hingga Bansos Dihentikan Bagi Warga yang Tolak Vaksinasi

Topic:

  • Muhammad Saifullah
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya