Comscore Tracker

Varian Alfa Incar Aceh, Warga Diminta Tidak Mudik saat Idul Adha

Perketat protokol kesehatan dan vaksinasi

Banda Aceh, IDN Times - Pemerintah Provinsi Aceh meminta warga untuk waspada terhadap penyebaran Virus Corona varian baru yang mulai mewabah di sejumlah provinsi di Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdul Ghani.

"Mendapat informasi penyebaran virus corona varian baru itu dari Juru Bicara COVID-19 Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, Rabu (30/6/2021)," kata Saifullah, pada Jumat (2/7/2021).

1. Waspadai Virus Alfa yang diprediksi bakal incar Aceh

Varian Alfa Incar Aceh, Warga Diminta Tidak Mudik saat Idul AdhaIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Saifullah mengatakan, salah satu varian baru Virus Corona, yakni B.1.1.7 (Alfa) telah terdeteksi mewabah warga di Provinsi Sumatra Utara (Sumut).

"Dua kasus terkonfirmasi virus varian Alfa di provinsi tetangga kita, Sumatera Utara," ujar Saifullah.

Terkait kasus tersebut, diprediksikan varian Alfa juga bisa mewabah dan mengincar masyarakat di Aceh. Sebab, varian Alfa penularannya lebih cepat 6-7 kali daripada varian aslinya yang muncul pertama kali di Kota Wuhan, Tiongkok.

Baca Juga: Pria Aceh Ditangkap Usai Unggah Foto Burung Rangkong di Medsos

2. Tiga varian baru Virus Corona ditemukan di Indonesia

Varian Alfa Incar Aceh, Warga Diminta Tidak Mudik saat Idul AdhaIlustrasi pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Saifullah menjelaskan, menurut data sekuens variant of concern hingga 22 Juni 2021, virus varian Alfa sudah ditemukan sebanyak 49 kasus di 10 provinsi di Indonesia.

Selain varian Alfa, Kementerian Kesehatan juga mencatat enam kasus varian B.1.351 (Beta), dan 254 kasus varian B.1.617.2 (Delta) di tanah air.

"Ketiga varian baru virus SARCoV penyebab COVID-19 itu telah ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO sebagai variant of concern (VoC), atau varian yang harus diwaspadai," jelasnya.

Oleh karena itu, masyarakat Aceh diminta perlu mewaspadai ketiga varian baru virus corona itu karena penyebarannya sudah meluas di 14 provinsi, termasuk Sumatera Utara (Sumut) dan DKI Jakarta, dua daerah yang sangat tinggi mobilitas masyarakat Aceh. DKI Jakarta sudah mencapai 33 kasus varian Alfa, empat kasus varian Beta, dan 96 kasus varian Delta.

"Virus varian Alfa yang sudah di Sumut paling mungkin sedang mengincar masyarakat Aceh yang frekuensi pulang-perginya ke Kota Medan dan sekitarnya sangat tinggi," imbuh Saifullah.

3. Warga Aceh diimbau tidak pulang saat Iduladha

Varian Alfa Incar Aceh, Warga Diminta Tidak Mudik saat Idul AdhaUmat muslim menunaikan ibadah shalat Idul Adha 1441 H di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Jumat (31/7/2020). ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Kepada masyarakat Aceh diimbau, untuk menghindari risiko penularan ketiga varian baru Virus Corona dengan mengurangi mobilitas ke luar Aceh bila tidak ada keperluan yang mendesak.

"Menunda pulang bagi orang Aceh yang sudah menetap di luar tanah Serambi Mekkah ini meski saat hari Raya Idul Adha nanti," imbau Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh.

Menjalankan protokol kesehatan secara disiplin serta melakukan vaksinasi dianggap bisa mengurangi upaya penyebaran virus tersebut.

"Protokol kesehatan dan vaksinasi masih tetap efektif mencegah COVID-19 meski kasus-kasus infeksi virus varian baru SARCoV-2 kian banyak dilaporkan," tutup Saifullah.

Baca Juga: Ayah Angkat Jokowi Ikut Vaksinasi di Bener Meriah

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya