Viral! Bendera Merah Putih Dibakar, Polisi Aceh: Pelaku di Malaysia

Namanya sudah diketahui

Banda Aceh, IDN Times - Sebuah video pendek yang menampilkan seorang pria membakar selembar bendera merah putih viral di media sosial.

Pantauan IDN Times, video berdurasi 16 detik tersebut diunggah akun Instagram, @infoanda, pada Sabtu (30/1/2011) dengan keterangan, "ada abang jago nih." Postingan itu juga menandai sejumlah akun lainnya, di antaranya, @divisihumaspolri

1. Bendera berkibar dibakar tak lama setelah disiram diduga dengan minyak

Viral! Bendera Merah Putih Dibakar, Polisi Aceh: Pelaku di MalaysiaTangkap layar video pembakaran bendera Merah Putih (Foto: Istimewa)

Video pendek yang viral di media sosial itu, menampilkan seorang pria mengenakan baju kaos celana pendek berdiri di sebelah sebatang kayu yang telah diikat bendera Merah Putih.

Beberapa saat kemudian, pria itu menyiramkan cairan (diduga minyak) ke bendera Merah Putih yang sedang berkibar. Tak lama kemudian, ia menyulutkan api dari bawah hingga api pun berkobar dan melahap habis bendera tadi.

Video yang menggunakan musik berlatar lagu daerah Aceh, 'Panglima Prang' tersebut diduga pertama kali diunggah di aplikasi TikTok oleh akun @aldial266. Hal berdasarkan nama akun TikTok yang tertera di dalam video.

Baca Juga: Dua Pria Terjerat Kasus Liwat Dicambuk 77 Kali, Rotan Sempat Patah

2. Netizen berang dengan aksi pembakaran bendera Merah Putih

Viral! Bendera Merah Putih Dibakar, Polisi Aceh: Pelaku di Malaysiapexels.com/burst

Video yang diunggah @infoanda, telah ditonton lebih 46 ribu dan mendapatkan respon hingga 520 lebih komentar.

Salah satu akun memberikan komentar jika pengguna akun TikTok terbilang labil. "Msh labil, baru kenal tiktok jd bingung mau bikin konten yg berbeda, jd ya caper ke aparat biar di tangkap, dan ujung2nya hukuman cuma video klarifikasi," tulis akun @akhfzl_ di kolom komentar.

"Kayak bisa buat negara aja, main bakar kok sembarangan," komen netizen dengan akun @flunvee.

3. Polda Aceh masih melakukan penyelidikan, diduga pelakunya di Malaysia

Viral! Bendera Merah Putih Dibakar, Polisi Aceh: Pelaku di MalaysiaIlustrasi mencari buronan (www.freepik.com)

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Aceh, Komisaris Besar Polisi Winardy mengatakan, kasus video pembakaran tersebut masih dalam penyelidikan. Kasus ini ditangani Sub Direktorat Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Aceh.

"Sampai saat ini Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Aceh masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut. Tim kami masih bekerja untuk membuat terang siapa pelaku tersebut," kata Winardy, ketika dikonfirmasi, pada Sabtu (30/1/2021).

Winardy mengaku, jika saat ini pihak telah mengetahui siapa nama pria yang melakukan pembakaran bendera Merah Putih dalam video itu. Akan tetapi, polisi belum mengetahui identitas lengkapnya.

"Nama pelaku sudah dikantongi, namun profil lengkapnya masih ditelusuri. Hasil sementara bahwa pelaku orang Aceh, tetapi berdomisili di Malaysia," ujarnya.

Baca Juga: Tangis Terpidana Kasus Liwat, Bersimpuh di Kaki Sang Ibu Usai Dicambuk

Topik:

  • Erina Wardoyo
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya