Andi Arief Ngotot Karni Ilyas Minta Maaf soal Foto Penangkapannya

Bos TV One telah meminta maaf pada Andi Arief

Jakarta, IDN Times - Wakil Sekretaris Jenderal nonaktif Partai Demokrat Andi Arief terus mendesak Pemimpin Redaksi TV One Karni Ilyas meminta maaf, perihal beredarnya foto-foto Andi saat ditangkap kepolisian terkait kasus narkoba Minggu (3/3) lalu.

Andi menuding Karni Ilyas telah memerintahkan reporternya untuk meliput saat penangkapan dirinya, hingga menyebar foto-foto di media sosial.

"Saya tahu bang @karniilyas salah satu yang terlibat menghabisi saya dengan mengutus reporter TV One ke bareskrim dir 4 senin pk10.00 WiB untuk kemudian menyebarka sesuka hati foto-foto yang benar2 menyudutkan saya. Saya bukan tersangka bang Karni. Anda wartawan senior tapi abai," kicau Andi di akun Twitternya, @AndiArief__ Minggu (10/3).

1. Pemilik TV One sudah meminta maaf secara pribadi kepada Andi Arief

Andi Arief Ngotot Karni Ilyas Minta Maaf soal Foto PenangkapannyaTwitter/@AndiArief__

Melalui akun Twitternya, Andi Arief menyebut urusannya dengan Karni Ilyas belum usai, meski bos TV One telah meminta maaf secara pribadi.

“Pemilik TV One sudah meminta maaf secara pribadi pada saya atas trial by the press medianya. Namun urusan dengan bang @karniilyas belum selesai, termasuk media TV lainnya. Bukan berarti bang karni yang merasa dekat dengan kepolisian bisa melakukan apa saja, ini negara hukum,” kicau Andi di Twitter, Senin (11/2).

Andi langsung mention akun Twitter Karni Ilyas dan menuliskan bahwa dirinya bukan merupakan seorang tersangka kasus narkoba yang menjeratnya beberapa waktu lalu.

Diketahui, polisi telah membebaskan status hukum Andi dalam kasus narkoba, karena Andi dianggap hanya sebagai korban. Sementara, hasil tes urine Andi memang positif mengonsumsi narkoba jenis sabu, namun tidak ditemukan barang bukti sabu dalam penangkapan tersebut. Andi hanya menjalani rehabilitasi narkoba di Badan Narkotika Nasional (BNN).

Baca Juga: Mengaku Dihabisi, Andi Arief 'Ceramahi' Karni Ilyas di Twitter

2. Andi sebut ada skandal pers

Andi Arief Ngotot Karni Ilyas Minta Maaf soal Foto PenangkapannyaTwitter/@AndiArief__ ‏

Andi sebelumnya menyebut dirinya menghargai dan tidak ragu pada kebebasan pers. Namun, mengesampingkan fakta hukum bahwa dirinya bukan tersangka tetapi menjadi bulan-bulanan pemberitaan, dianggap mengganggu nama baiknya dan keluarga.

"Polisi memang punya hak penyelidikan dan sebagainya, selama masa itu tidak ada hak media untuk menyebarkan material apapun apalagi menghakimi. Ini standar dasar penyelidikan dan pemberitaan media. Saya tidak bermaksud menggurui. Ini masuk skandal pers lho bang Karni," kicau dia.

UU ITE, kata Andi, bahkan menyebut siapapun bisa dipidana jika menyebarkan material yang bukan haknya dari luring ke daring, bisa mencemarkan atau merugikan orang lain.

"Bang Karni tahu kerugian imaterial saya dan keluarga?" tanya Andi.

3. Andi Arief meminta Karni Ilyas menyelesaikan masalah ini

Andi Arief Ngotot Karni Ilyas Minta Maaf soal Foto PenangkapannyaTwitter/@AndiArief__ ‏

Andi berharap Karni Ilyas yang menurutnya telah 'menyulut' kasus ini, agar bertanggung jawa menyelesaikannya.

"Saya berharap bang karni yang sudah memulai ini menjadi "bara" untuk menjqdi bagian memadamkannya. Saya bukan kriminal dan persepsi buruk tentang foto2 yang dimuat sudah meluas. Termasuk dilakukan media lain. Terima kasih," kicau dia.

"Kecermatan dan sumber dimuat di sini, sekali lagi saya tidak menggurui bang @karniilyas dan pers Indonesia," tutup Andi seraya menyertakan pasal-pasal tentang kewajiban pers.

4. Karni Ilyas menanggapi Andi Arief

Andi Arief Ngotot Karni Ilyas Minta Maaf soal Foto PenangkapannyaTwitter/@karniilyas

Karni Ilyas akhirnya menanggapi cuitan Andi Arief pada kicauan kelima politikus Partai Demokrat itu. Dia menyebut Andi salah, sebab yang mengarahkan reporter ke Bareskrim Polri adalah anak buahnya, bukan dirinya.

"Maaf Andi Arief, Anda keliru, di TV One bukan saya yg menggerakan reporter, tapi kordinator peliputan. Di atas korlip ada manager dan general manejer baru wapemred. Perisitiwa yg menimpa Anda saya baru tahu Senin sekitar pkl 14.00.Sebab Senin itu saya tidur subuh dan bangun siang," kicau jurnalis senior itu.

Baca Juga: Karni Ilyas Klarifikasi Tudingan Andi Arief Soal Penyebaran Foto

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya