Pertamina Kerja Sama dengan Trash Hero untuk Bersihkan Sampah di Bali

Contoh kegiatan sosial yang sangat penting untuk dilakukan

Jakarta, IDN Times – Berkunjung ke Bali mengingatkan kita akan pantai yang tersebar di beberapa lokasi utama yang didatangi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Sebagai salah satu andalan destinasi wisata Indonesia, potensi kekayaan laut dan panorama pantai tersebut menjadi perhatian dari pemerintah untuk dijaga kelestarian dan kebersihannya.

Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) bersama Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB), Ari Gumilar, dan ratusan insan Pertamina serta Komunitas Trash Hero Indonesia, menyelenggarakan rangkaian kegiatan bersih-bersih pantai (Coastal Clean Up) di sepanjang Pantai Kuta, Bali, Jumat (1/3).

1. Dirut Pertamina ikut mengumpulkan sampah

Pertamina Kerja Sama dengan Trash Hero untuk Bersihkan Sampah di BaliANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Direktur Utama (Dirut) Pertamina, Nicke Widyawati, yang ikut turut serta dalam mengumpulkan sampah, menyatakan bahwa Pertamina sangat mendukung penuh upaya pemerintah dan masyarakat yang menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman. Pantai yang banyak dikunjungi wisata umumnya menyisakan tumpukan sampah yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

“Saya sangat senang karena tidak terlalu banyak sampah yang saya dapat, itu artinya pantai ini tidak terlalu kotor, kebersihannya senantiasa terjaga,” ujar Nicke dalam rilis tertulis yang diterima oleh IDN Times.

Sebagai seorang Dirut BUMN, Nicke tidak sungkan untuk mengumpulkan sampah-sampah yang ia temukan di sepanjang Pantai Kuta. Setiap sampah yang berhasil dipungut, langsung dimasukkan ke dalam kantong sampah yang dibawanya. Apa yang dilakukan Nicke, diikuti oleh direksi dan seluruh insan Pertamina yang turut serta membersihkan sampah.

Baca Juga: FOTO: Harga Pertamax Cs Turun, Dirut Pertamina Sidak ke SPBU

2. Kumpulkan sampah sebanyak 80 kilogram

Pertamina Kerja Sama dengan Trash Hero untuk Bersihkan Sampah di BaliDok. Istimewa/IDN Times

Setelah ditimbang, seluruh sampah yang berhasil dikumpulkan oleh Nicke mencapai bobot 3 kilogram. Sementara dari keseluruhan kegiatan bersih-bersih pantai yang dilakukan oleh jajaran direksi dan para insan Pertamina, bobot sampah yang terkumpul sebanyak 80 kilogram.

3. Pertamina bekerja sama dengan LSM internasional dalam program ini

Pertamina Kerja Sama dengan Trash Hero untuk Bersihkan Sampah di Baliunsplash.com/Dustan Woodhouse

Komunitas Trash Hero Indonesia, salah satu LSM internasional peduli lingkungan yang bermarkas di Swiss dan sebagian besar aktif di Asia Tenggara, menilai bahwa kegiatan bersih-bersih pantai oleh insan Pertamina sangat positif untuk mendorong masyarakat mengatasi masalah sampah di Bali.

“Kami mengapresiasi langkah keterlibatan insan Pertamina yang ikut serta melakukan bersih-bersih pantai. Karena memang, sampah seakan menjadi masalah yang belum teratasi apalagi dengan status Bali sebagai kota tujuan wisatawan, yang tentu saja ada sisi negatifnya dengan meningkatnya jumlah sampah baik yang dari laut maupun dari para pengunjung,” ujar Aksara, Ketua Komunitas Trash Hero Indonesia.

4. Salah satu bentuk kepedulian dari Pertamina

Pertamina Kerja Sama dengan Trash Hero untuk Bersihkan Sampah di BaliDok. Istimewa/IDN Times

Kegiatan bersih-bersih pantai di Bali ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pertamina dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Pertamina kerap melakukan kegiatan bersih pantai di berbagai penjuru wilayah Indonesia.

Kegiatan lainnya yang dilakukan Pertamina terkait pelestarian lingkungan hidup antara lain penanaman mangrove, penanaman trembesi, konservasi alam dan hewan langka, sekolah tapal batas untuk pendidikan alam, dan lain sebagainya.

Bagi Pertamina, alam adalah sahabat sehingga tagline Pertamina yakni 'Sobat Bumi’, senantiasa menjadi panduan dalam menjalankan bisnis yang berwawasan lingkungan.

Baca Juga: Menhub Nilai Pertamina Butuh Pesaing Penyedia Avtur

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya