Punya Kulit Baja Layaknya Seorang Prajurit, Ini 8 Fakta Unik Armadillo

Mirip trenggiling sih, tapi apa bedanya ya?

Armadillo adalah mamalia kecil dari ordo Cingulata. Hewan yang satu ini cukup unik karena memiliki kulit seperti cangkang yang keras dan seperti baja. Jika dilihat sekilas, Armadillo sangat mirip dengan trenggiling. Untuk lebih jelasnya, simak 8 fakta unik Armadillo berikut ini.

1. Hidup di tempat hangat

Punya Kulit Baja Layaknya Seorang Prajurit, Ini 8 Fakta Unik ArmadilloPixabay.com/Mylene2401

Armadillo merupakan hewan yang bisa bertahan hidup cukup lama jika berada di daerah bertemperatur hangat seperti hutan hujan tropis, semi-gurun, dan juga padang rumput.

2. Punya banyak warna dan ukuran

Punya Kulit Baja Layaknya Seorang Prajurit, Ini 8 Fakta Unik ArmadilloPixabay.com/cherylholt

Armadillo memiliki warna dan ukuran tubuh yang sangat berbeda. Mereka ada yang memiliki warna pink, coklat gelap, hitam, merah, dan abu-abu.

Ukuran tubuhnya pun sangat spesifik. Jika kecil maka ukurannya sangat kecil, jika besar maka ukurannya sangat besar. Ukuran Armadillo raksasa bisa mencapai 15 cm dengan berat sekitar 54 kg. Sedangkan untuk yang kecilnya, mereka bisa memiliki panjang 13 cm dan berat kurang lebih 80 gram.

3. Bentuk tubuh unik

Punya Kulit Baja Layaknya Seorang Prajurit, Ini 8 Fakta Unik ArmadilloPixabay.com/skeeze

Armadillo akan terlihat sangat mirip dengan trenggiling. Namun, ia juga bisa terlihat mirip dengan kungkang karena ia memiliki moncong dan mata kecil di wajahnya. Kepala, punggung, kaki hingga ekor Armadillo ditutupi oleh lapisan tulang sehingga membuatnya terlihat seperti prajurit zaman dahulu yang mengenakan baju besi untuk berperang.

Baca Juga: 5 Fakta Tamarin Kaisar, Hewan Primata Berkumis yang Tampak Bijaksana

4. Tidak bisa menggelinding

Punya Kulit Baja Layaknya Seorang Prajurit, Ini 8 Fakta Unik ArmadilloKids.sandiegozoo.org

Meski mirip dengan trenggiling, ternyata tak semua Armadillo bisa menggulung tubuhnya untuk menggelinding. Hanya beberapa jenis dari mereka yang bisa melakukan hal tersebut karena pada dasarnya Armadillo adalah hewan yang lamban.

5. Penglihatan yang buruk

Punya Kulit Baja Layaknya Seorang Prajurit, Ini 8 Fakta Unik ArmadilloPixabay.com/MarkMurphy

Armadillo tidak bisa mengandalkan matanya untuk mencari makanan di malam hari. Dia akan menggunakan rambut licin di sekitar pinggang dan perutnya untuk merasakan objek apa saja yang sedang berada di dekatnya. Selain itu, untuk merasakan sesuatu di lingkungan sekitar, Armadillo lebih mengandalkan indra penciumannya yang begitu tajam.

6. Tukang tidur

Punya Kulit Baja Layaknya Seorang Prajurit, Ini 8 Fakta Unik ArmadilloPixabay.com/zoosnow

Tak hanya lamban, Armadillo ternyata juga merupakan hewan yang mageran nih! Ia sangat ogah-ogahan, dan menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk tidur. Nggak tanggung-tanggung, mereka bisa tidur hingga 16 jam per hari!

7. Insektivora

Punya Kulit Baja Layaknya Seorang Prajurit, Ini 8 Fakta Unik ArmadilloPixabay.com/hradient

Armadillo sangat menyukai makanan berupa serangga. Namun, jika terdesak atau sedang berdiet, mereka bisa memakan buah-buahan, telur, atau bahkan hewan-hewan kecil.

8. Perenang yang hebat

Punya Kulit Baja Layaknya Seorang Prajurit, Ini 8 Fakta Unik ArmadilloFootage.framepool.com

Cangkang pada Armadillo memang terlihat begitu berat. Namun, sebenarnya cangkang itu tersebut cukup tipis, dan karena tubuhnya yang sedikit kecil, Armadillo tidak akan kesulitan jika diharuskan untuk berenang ketika berada di dalam air.

Itulah 8 fakta unik terkait Armadillo, hewan kecil yang sekilas tampak seperti trenggiling. Sekarang sudah kenal kan sama hewan yang satu ini?

Baca Juga: 5 Spesies Ikan Berukuran Jumbo Ini Berasal dari Sungai Amazon, Takjub!

Nunung Munawaroh Photo Verified Writer Nunung Munawaroh

Anyeong!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya