Comscore Tracker

Bilik Suara Unik, Ini Suasana Pemilu di TPS 16 Pasir Putih Depok

#1000MillennialsKawalPemilu Walau panas banyak yang datang!

Ada pemandangan unik di lokasi pencoblosan alias Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang saya datangi hari ini (17/4). Berlokasi di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, TPS 016 ini memiliki bilik suara yang lain dari pada yang lain.

Bahkan, kamu yang melihatnya mungkin gak akan menyangka bahwa ini adalah bilik suara tempat saya dan keluarga menyalurkan hak suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

1. Gak biasa, bilik suara dibuat mirip dengan kamar ganti pakaian department store

Bilik Suara Unik, Ini Suasana Pemilu di TPS 16 Pasir Putih DepokDok. Pribadi

Jika di TPS pada umumnya bilik suara menggunakan kotak karton saja dari KPU, maka di TPS 016 tempat saya menyoblos ini bentuknya malah mirip bilik ganti pakaian department store. Ada tiga bilik suara mirip ruang ganti yang disediakan oleh panitia KPPS dan ketiganya ditutupi dengan kain terpal berwarna biru dan hitam dengan rangka terbuat dari kayu.

Bilik suara ini dibuat lain daripada yang lain kabarnya agar kami para pemilih gak sungkan dan kesusahan membuka surat suara. Jika bilik suaranya sebesar dan se-privasi ini maka bisa dengan mudah saya membuka surat suara yang besarnya hampir mirip satu koran itu.

Saya pun merasa senang dengan ide kreatif para panitia KPPS ini, karena bilik suara yang besar ini mengakomodir kebutuhan saya yang ingin supaya ritual coblos-mencoblos suarat suara lebih rahasia. Antar satu bilik dengan bilik lain gak bisa mengintip apalagi memfoto.

Baca Juga: Pemilu di Melbourne, Antusias di Tengah Cuaca yang Tak Menentu

2. Meski panas, warga berbondong-bondong datang untuk nyoblos

Bilik Suara Unik, Ini Suasana Pemilu di TPS 16 Pasir Putih DepokDok. Pribadi

Sayangnya, lokasi dari pemungutan suara di TPS saya ini memang agak panas karena di tengah tanah lapang. Meski begitu, hal ini tak menghalangi para warga hadir ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya bagi pemerintahan yang baru. 

Mulai orang tua sampai anak muda alias pemilih pemula semua datang ke TPS dan dibantu oleh para petugas KPPS yang sangat ramah meski saya sadar mereka pasti lebih lelah dari kami para pemilih. Sudah stand by di TPS dari pagi hari, mana lokasinya panas banget lagi.

3. Saya sudah memilih, kamu?

Bilik Suara Unik, Ini Suasana Pemilu di TPS 16 Pasir Putih DepokDok. Pribadi

Jangan ketinggalan ikutan memilih ya di Pemilu 2019. Buat yang sudah dapat surat C6 alias undangan untuk menyoblos, segera ke TPS yang tertera di surat C6. Bagi yang tidak dapat surat undangan menyoblos, maka kamu bisa bawa e-KTP ke TPS asal domisilimu dan salurkan hak suaramu.

Ingat, suaramu itu penting untuk masa depan Indonesia!

Baca Juga: Serba Hitam, Begini Suasana Pemilu di Eks Lokalisasi Dolly Surabaya 

Niken Ari Prayitno Photo Community Writer Niken Ari Prayitno

Full time writer & part-time student.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You