Comscore Tracker

11 Santri Gontor yang Terpapar COVID-19 Dinyatakan Baik 

Kini dirawat di RSDL Indrapura, Surabaya  

IDN Times, Ponorogo – Sebanyak 11 santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Kampus 2 Ponorogo yang terkonfirmasi positif COVID-19 kini dirawat di Rumah Sakit Darurat Lapangan (RSDL) Indrapura, Surabaya. Mereka dipindahkan dari RSUD dr Harjono, Ponorogo pada Minggu (12/72020) malam kemarin.

Salah seorang pengantar 11 santri PMDG, Ustad Soleh, mengatakan kondisi pasien tersebut baik. “Setiap pagi, anak-anak berolahraga dengan dibimbing langsung oleh tenaga kesehatan rumah sakit,” kata Soleh dalam rilis yang diterima IDN Times, Selasa (14/7/2020) petang.

1. Menempati kamar yang diisi dua santri 

11 Santri Gontor yang Terpapar COVID-19 Dinyatakan Baik Ilustrasi corona (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut dia, belasan santri menjalani isolasi dan masa pemulihan. Selama dua hari di Surabaya, mereka menempati beberapa kamar yang masing-masing dihuni dua santri. Di tempat itu, para santri PMDG juga mendapatkan asupan vitamin dari petugas kesehatan seperti halnya pasien yang lain.

Dengan perawatan semacam itu diharapkan kondisi sebelas santri segera pulih. Kemudian, dinyatakan negatif COVID-19 setelah menjalani tes spesimen yang diambil dengan metode swab dalam waktu dekat. Dengan demikian, santri-santri tersebut dapat kembali ke pondok.

2. Pemindahan ruang isolasi atas tawaran gubernur 

11 Santri Gontor yang Terpapar COVID-19 Dinyatakan Baik Pintu gerbang Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 di Ponorogo. Dok.IDN Times/Istimewa

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 PMDG Ustad M.Adib Fuadi Nuris, menambahkan pemindahan 11 santri dari RSUD dr Harjono ke Surabaya atas tawaran dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Tawaran itu disampaikan gubernur saat kunjungannya a ke PMDG Kampus 2 bersama Kapolda Jawa Timur dan Pangdam V/Brawijaya, Jumat (10/7) lalu. “Karena ini tawaran dari ibu gubernur, maka kami menerimanya,” ujar Adib.

Baca Juga: Berkunjung ke Gontor, JK: Pondok Modern  yang Dinamis  

3. Tanggulangi penyebaran COVID-19 dirikan posko terpadu 

11 Santri Gontor yang Terpapar COVID-19 Dinyatakan Baik Ruangan yang dijadikan sebagai posko terpadu penanganan COVID-19 di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 di Ponorogo. Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, untuk menanggulangi penyebaran COVID-19 di lingkungan pondok, pihak PMDG Kampus 2 telah membuat posko terpadu penanganannya. Lokasinya di gedung tiga lantai yang biasanya menjadi kantor Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM).

Sejumlah ruangan di gedung itu ditempati petugas yang tergabung dalam satuan tugas penanganan COVID-19. Mereka di antaranya terdiri dari tim protokol kesehatan, tim logistik, tim pencegahan, tim tracing dan tim yang lain.

Baca Juga: 11 Santri Positif COVID-19, Pondok Gontor Perketat Protokol Kesehatan 

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya