Dua Sekolah di Kabupaten Madiun Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Jenjang SD dan SMP

Madiun,IDN Times - Dua lembaga pendidikan di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM), Senin (3/5/2021). Kegiatan itu masih sebatas uji coba yang rencananya berlangsung selama tiga hari yang terhitung sejak Senin hingga Rabu (5/5/2021).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Siti Zubaidah mengatakan lembaga pendidikan yang mulai menggelar PTM adalah SDN 1 Mejayan dan SMPN 1 Mejayan. PTM pada tahap awal ini memang baru dua sekolah yang melaksanakan. Untuk persiapannya sudah dipertimbangkan matang beberapa waktu lalu, kata dia. 

1. Pembelajaran daring tetap diberi porsi 

Dua Sekolah di Kabupaten Madiun Uji Coba Pembelajaran Tatap MukaPTM di SDN 1 Mejayan, Kabupaten Madiun. Nofika

Menurut dia, kedua sekolah itu dinilai paling layak dan siap melangsungkan PTM. Sebab, nyaris seluruh orang tua atau wali murid memberikan izin bagi anaknya untuk mengikuti pembelajaran langsung. Selain itu, fasilitas protokol kesehatan dinilai memadai.

"Memang idealnya seluruh sekolah melaksanakan PTM. Tapi kami tetap memberi porsi untuk sekolah jarak jauh apabila ada orang tua yang tidak mengizinkan anaknya mengiikuti PTM," Siti menjelaskan.

2. Berlangsung secara bertahap

Dua Sekolah di Kabupaten Madiun Uji Coba Pembelajaran Tatap MukaIlustrasi Pelajar (SD) (IDN Times/Mardya Shakti)

Kendati demikian, sekolah lain tetap dapat menggelar PTM. Ini setelah mendapatkan rekomendasi dari pihak kecamatan maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. "Sekolah lain bisa menjadikan SDN 1 Mejayan dan SMPN 1 Mejayan sebagai referensi," ujar mantan Camat Geger ini.

Siti menambahkan, PTM memang sengaja dilaksanakan secara bertahap dan terbatas. Salah satu alasannya mengantisipasi euforia para siswa sehingga lengah dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Kabupaten Madiun Izinkan Tempat Wisata Buka Pada Libur Lebaran

3. Pembelajaran dibagi dua sesi

Dua Sekolah di Kabupaten Madiun Uji Coba Pembelajaran Tatap MukaIlustrasi Profesi (Guru) (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Kepala SDN 1 Mejayan, Dwi Ratna Supriyani menyatakan bahwa pelaksanaan PTM hanya diperuntukkan bagi 250 siswa kelas III hingga V. Jumlah itu merupakan 50 persen dari total siswa di sekolah tersebut.

"Untuk pembelajaran di kelas dibagi menjadi dua sesi berdasarkan urutan nomor absen," ujar Ratna.

4. Praktik PTM dilaksanakan sebelumnya

Dua Sekolah di Kabupaten Madiun Uji Coba Pembelajaran Tatap MukaPTM hari pertama di SDN 1 Mrjayan, Madiun. Nofika

Ia menambahkan, sebelum PTM dilangsungkan pihaknya sudah melaksanakan serangkaian persiapan. Ini seperti praktik penerapan protokol kesehatan yang dimulai dari pintu gerbang hingga masuk kelas.

"Di depan (gerbang) ada petugas yang mengukur suhu badan siswa dengan thermo gun, " kata Ratna. 

Baca Juga: IDAI: Sekolah Tatap Muka Belum Direkomendasikan 

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya