Jagong Bayi di Ponorogo, 51 Warga Jalani Tes Swab

Ibu yang lahirkan bayi terkonfirmasi positif COVID-19
Ponorogo, IDN Times - Sebanyak 51 warga Jalan Ontoseno, Kelurahan Kepatihan,  Kecamatan/Kabupaten Ponorogo menjalani tes Polymerase Chain Reaction dengan metode swab. Uji spesimen itu buntut dari adanya seorang ibu bayi yang merupakan warga setempat dinyatakan sebagai pasien confirmed COVID-19. Kini, yang bersangkutan tengah menjalani isolasi di RSUD dr Harjono, Ponorogo. 
Puluhan warga yang menjalani tes swab itu merupakan kontak erat dengan ibu bayi. Mereka sempat berkunjung untuk menilik dalam tradisi jagong bayi di rumah seorang pasien confirmed COVID-19 tersebut. 

1. Tujuh di antaranya masih balita

Jagong Bayi di Ponorogo, 51 Warga Jalani Tes SwabDok. IDN Times/Istimewa
Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan, Kabupaten Ponorogo, Hermansyah mengatakan bahwa mereka yang menjalani tes swab itu merupakan hasil penelusuran atau tracing oleh tim Satgas COVID-19.
 
Tujuh di antara mereka merupakan balita yang diajak orang tuanya untuk tilik bayi. "Kebanyakan dari mereka adalah Ibu-ibu," ujar Hermansyah, Kamis (8/10/2020). 

2 . Warga diminta melakukan isolasi mandiri

Jagong Bayi di Ponorogo, 51 Warga Jalani Tes SwabIlustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Hasil tes swab bagi puluhan warga yang terdiri dari para tetangga dan keluarga pasien belum keluar hingga sekarang. Oleh karena itu, pihak Satgas COVID-19 meminta agar warga menjalani isolasi mandiri di kediaman masing - masing dengan pantauan ketat segala pihak terkait. 
"Kalau untuk menutup wilayah belum dilakukan karena masih menunggu hasil tes swab, " ujar Hermansyah kepada sejumlah wartawan. 

Baca Juga: Satu Anggota Positif COVID-19, Kantor DPRD Ponorogo Tutup 

3. Tes swab dijalankan dua kali

Jagong Bayi di Ponorogo, 51 Warga Jalani Tes SwabIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Tes swab itu sendiri, ia melanjutkan, dijalankan sebanyak dua kali pada Rabu dan Kamis (7 dan 8/10/2020). Masing-masing di antara puluhan warga harus dinyatakan negatif COVID19 sebanyak dua kali. 
"Sebelum hasil tes swab keluar, kami meminta warga untuk menjaga diri agar tidak terjadi penyebaran lebih luas," kata Hermansyah. 

Baca Juga: Ruang Isolasi Pasien COVID-19 di Rumah Sakit Ponorogo Penuh 

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya