Korban Lakalantas Berkurang, Kapolres Madiun: Dampak Pandemik COVID-19

Kecelakaan di tol meningkat, di jalan arteri turun

Madiun, IDN Times - Satlantas Polres Madiun mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di jalan tol ruas Ngawi - Kertosono yang melintasi wilayah hukumnya sejak Januari hingga akhir Desember 2020 itu sebanyak 19 kejadian. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan setahun sebelumnya, yakni ada 18 kasus. 

Meski angka Lakalantas di jalur cepat meningkat, Kapolres Madiun AKBP R. Bagoes Wibisono menyatakan, jumlah korban meninggal justru turun. Pada tahun ini tercatat delapan orang dan pada 2019 ada 15 korban. 

1. Jalan tol lengang dampak dari lockdown di beberapa daerah

Korban Lakalantas Berkurang, Kapolres Madiun: Dampak Pandemik COVID-19Gerbang Tol Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Menurut Bagoes, kerugian material akibat lakalantas juga mengalami penurunan. Pada tahun ini tercatat sebanyak Rp270 juta, sedangkan setahun lalu mencapai Rp517 juta. 

Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi pihak kepolisian, tren penurunan korban lakalantas dipengaruhi beberapa faktor. Pertama, turunnya frekuensi arus lalu lintas seiring dengan pandemik COVID-19 sehingga sempat diberlakukannya lockdown di sejumlah daerah. 

"Selain karena pandemik COVID-19 juga kesadaran warga dalam mematuhi peraturan lalu lintas meningkat," ujar Bagoes, Selasa (29/12/2020).

Baca Juga: Kab.Madiun Zona Merah, Belajar Belajar Tatap Muka Terancam Tertunda 

2. Lakalantas di jalur arteri juga berkurang 

Korban Lakalantas Berkurang, Kapolres Madiun: Dampak Pandemik COVID-19Ilustrasi Tabrakan (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut dia, penurunan kasus Lakalantas juga terjadi di jalur arteri, yakni ruas Ponorogo - Madiun, Madiun - Nganjuk, dan Ngawi - Caruban. Sepanjang Januari hingga akhir Desember ini tercatat sebanyak 552 kasus. Sedangkan pada periode yang sama setahun lalu ada 652 kejadian. 

Lakalantas selama setahun lalu mengakibatkan 120 orang meninggal dunia. Adapun untuk tahun ini berkurang menjadi 102 korban. "Untuk kerugian material juga menurun dari Rp1,132 miliar menjadi Rp974 juta," kata kapolres. 

3. Setiap petugas yang diterjunkan berjaga selama delapan jam per hari

Korban Lakalantas Berkurang, Kapolres Madiun: Dampak Pandemik COVID-19Truk yang terguling di Tol Ngawi - Kertosono. Istimewa

Dari sederet kejadian lakalantas, aparat kepolisian bersama jajaran Forkopimda setempat berusaha menekan angka lakalantas dan kriminalitas selama libur Tahun Baru 2021. Sebanyak 374 personel diterjunkan di tujuh pos pantau, pengamanan, dan pelayanan selama Operasi Lilin Semeru 2020. 

Personel gabungan yang terdiri dari polisi, TNI, jajaran pemkab itu bersiaga di pos Mlilir (berbatasan dengan Ponorogo), exit tol Madiun, exit Tol Caruban, Muneng (berbatasan dengan Ngawi), Taman Kota Caruban, rest area jalan tol, dan Widas (berbatasan dengan Nganjuk). 

"Untuk jadwal jaga masing-masing petugas selama delapan jam per hari. Hal ini untuk menjaga stamina anggota," ujar kapolres. 

Baca Juga: Kapolda Jatim Sebut Korban Lakalantas Mudik Turun Signifikan

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya