Menjadi Calon Mahasiswa Termuda, Begini Perjuangan Hasna

Diterima di Unair pada usia 15 tahun

Madiun, IDN Times - Ainiyah Hasna Fadhilah nampak malu - malu ketika ditemui di kediamannya yang berada di RT 21, RW 4, Desa Dempelan, Kabupaten Madiun, Sabtu (27/3/2021). Sembari menundukkan wajah, remaja putri ini  berjalan keluar dari balik pintu utama rumahnya.

Kemudian, siswi kelas XII MAN 2 Kota Madiun ini menyusul ayah, ibu, dan adiknya yang sedang duduk di kursi teras. Keempat orang itu akhirnya terlibat obrolan dengan IDN Times seputar lolosnya Hasna sebagai calon mahasiswi Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

1. Selalu mendapatkan rangking di kelas

Menjadi Calon Mahasiswa Termuda, Begini Perjuangan HasnaAiniyah Hasna Fadhilah. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Hasna diterima sebagai calon mahasiswi termuda karena usianya baru 15 tahun lebih empat bulan. Capaian itu berkat perjuangan Hasna sejak masih duduk di bangku tsanawiyah hingga aliyah. Masing -  masing jenjang pendidikan itu hanya ditempuh selama dua tahun dengan sistem kredit semester.

Anak sulung dari pasangan Didik Aswadi dan Agus Dyah Fitriani ini juga ikut program peserta didik cerdas istimewa (PDCI). Untuk meraihnya, Hasna hanya rajin belajar. "Setiap hari rutin walau ( durasi waktunya) hanya 30 menit. Saya tidak bisa memforsir, yang penting nyaman saja saat belajar," kata gadis berhijab ini.

2. Terapkan cara belajar yang nyaman

Menjadi Calon Mahasiswa Termuda, Begini Perjuangan HasnaAiniyah Hasna Fadhilah bersama keluarga. IDN Times/Nofika

Teknis  belajar seperti  itu diterapkannya sejak kecil. Adapun hasilnya, Hasna selalu menempati peringkat 1 hingga 2 di kelasnya meski usianya lebih muda dari teman - temannya.  Namun, semua raihan itu tidak pernah ditarget. Ini termasuk diterimanya menjadi calon mahasiswi Unair. "Saya sama sekali tidak menyangka," ujar Hasna.

Namun demikian, ia tetap menyiapkan diri untuk melanjutkan proses administrasi sebagai calon mahasiswa baru. Selain melakukan registrasi juga siap jauh dari orang tua ketika kuliah secara tatap muka sudah berlangsung.

3. Diminta tidak lupa ibadah

Menjadi Calon Mahasiswa Termuda, Begini Perjuangan HasnaAiniyah Hasna Fadhilah. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Diterimanya Hasna di Unair dengan usia paling muda membanggakan pihak orang tua. Didik Aswadi, sang ayah berpesan agar nantinya anak sulung dari tiga bersaudara itu tidak melupakan ibadah kepada Allah.

"Juga membawa nama baik keluarga dan sekolah," ujar mantan kontraktor bangunan yang kini bekerja sebagai petani ini.

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya