Pondok Gontor Ponorogo Miliki Rumah Sakit Baru

Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan santri dan ustaz

Ponorogo, IDN Times - Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) di Ponorogo memiliki fasilitas pelayanan kesehatan baru. Ini setelah Rumah Sakit Yasfin diresmikan pada Sabtu (28/8/2021). Peresmian itu dibarengi dengan vaksinasi COVID-19 bagi ustaz dan santri.

Pimpinan PMDG K.H. Akrim Mariyat mengatakan bahwa operasional rumah sakit itu untuk memenuhi kebutuhan bagi santri dan ustaz tentang kesehatan. RS Yasfin bukan untuk bisnis, namun untuk memenuhi kebutuhan kami, kata dia dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

1. Tenaga kesehatan dari santri yang kuliah di fakultas kedokteran

Pondok Gontor Ponorogo Miliki Rumah Sakit BaruIlustrasi dokter. Fifian Irom/Shutterstock

Ia menjelaskan, keberadaan RS yang baru diresmikan itu juga diharapkan memberi manfaat bagi masyarakat umum. Warga di sekitar pondok dapat mengakses layanan kesehatan di fasilitas PMDG itu.
Adapun pelayanan kesehatan Kiai Akrim menyatakan dilakukan oleh santri yang telah mengenyam pendidikan di Fakultas Kedokteran di beberapa universitas. "Merekalah yang akan menjadi input sebagai tenaga kesehatan di RS Yasfin ini," ujar dia.

2. Terima 5.000 vaksin

Pondok Gontor Ponorogo Miliki Rumah Sakit Baruvaksinasi COVID-19 di Pondok Modern Darussalam Gontor. IST

Terkait dengan vaksinasi COVID-19 di rumah sakit itu dinyatakan sebagai wujud kerjasama antara PMDG dengan Pemkab Ponorogo. Adapun jumlah vaksin pada tahap awal ini sebanyak 5.000 dosis yang diterima dari Kodam V/Brawijaya.

Jumlah vaksin itu separuh atau 50 persen yang direncanakan untuk para santri dan ustaz di PMDG. "Kita tidak asing dengan vaksin. Dari dulu kita mengenal vaksin cacar dan lain-lain dan hari ini vaksin COVID-19 yang dilaksanakan secara praktis dan simbolis," Kiai Akrim menjelaskan.

Baca Juga: Berlangsung di Gontor, 10 Momen Sukacita Resepsi Pernikahan UAS

3. Bagian dari percepatan herd immunity

Pondok Gontor Ponorogo Miliki Rumah Sakit BaruPeresmian RS Yasfin Pondok Gontor Ponorogo. Istimewa

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko mengatakan vaksinasi COVID-19 bagi santri dan ustaz PMDG untuk mencapai kekebalan kelompok terhadap virus Corona. “Kita sedang melakukan percepatan herd immunity. Semoga ikhtiar ini diridai Allah. Santri dan ustaz Gontor sehat,” kata dia saat hadir dalam peresmian rumah sakit Yasfin. Selain bupati, kegiatan itu juga dihadiri Komandan Kodim 0802 Ponorogo Letkol.Inf Muhammad Radhi Rusin, Kapolres Ponorogo AKBP Moch Nur Azis, dan beberapa tokoh masyarakat. Kegiatan itu berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: 9 Momen Resepsi Pernikahan Ustaz Abdul Somad dan Fatimah di Gontor

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya