Ramai Dana Hibah untuk Museum SBY-ANI, Bupati Pacitan Ungkapkan Ini

Bantuan khusus dari Pemprov ke Pemkab

Pacitan, IDN Times - Museum dan Galeri Seni SBY - ANI yang sedang dibangun di Kabupaten Pacitan menjadi sorotan publik akhir-akhir ini. Anggaran proyek itu disebut-sebut mendapatkan dana hibah dari pemerintah untuk Yudhoyono Foundation, yayasan yang didirikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan nominal Rp9 miliar.

1. Hingga kini belum cair 

Ramai Dana Hibah untuk Museum SBY-ANI, Bupati Pacitan Ungkapkan IniIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Bupati Pacitan, Indartato mengatakan dana sebanyak itu merupakan dukungan dari Pemprov Jawa Timur atas usulan Pemkab Pacitan. Pada akhir 2020, bantuan keuangan khusus (BKK) itu terealisasi dan dimasukkan ke APBD Kabupaten Pacitan tahun 2021.

"Tapi, sampai saat ini belum cair," kata dia saat dihubungi IDN Times, Kamis (18/2/2021).

2. Pembangunan berlangsung sejak setahun lalu

Ramai Dana Hibah untuk Museum SBY-ANI, Bupati Pacitan Ungkapkan IniIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Alasan utama pemberian bantuan itu, kata dia, adalah karena museum itu bisa menjadi destinasi wisata baru bagi di Pacitan. Apalagi, Pacitan juga merupakan tanah kelahiran Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, karena APBD setempat dinyatakan tidak mampu, maka meminta dukungan ke Pemprov Jawa Timur setahun lalu.

"Kami berharap keberadaan museum (SBY - ANI) dapat menambah destinasi wisata di Pacitan," tutur pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Pacitan ini.

Baca Juga: Ramai APBD Rp9 M untuk Museum SBY di Pacitan, Demokrat: Buzzer Ngamuk

3. Strategis karena berada di tepi jalur lintas selatan

Ramai Dana Hibah untuk Museum SBY-ANI, Bupati Pacitan Ungkapkan IniIlustrasi Infrastruktur (Jalan Tol) (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Indartarto, pembangunan museum SBY-ANI sendiri saat ini telah masuk pada tahap peletakan batu pertama. Proses ini sendiri dilakukan oleh SBY pada Sabtu (22/2/2020). Hingga sekarang proyek masih berjalan.

"Untuk progress (pencapaian) dan sumber dananya saya tidak tahu karena pemkab tidak terlibat. Kami hanya kanggonan (ketempatan)," ujar bupati dua periode ini.

Lokasi Museum dan Galeri Seni SBY - ANI yang tengah dibangun itu dinilai strategis karena berada di Jalan Lintas Selatan (JLS), Kelurahan Ploso, Kecamatan/Kabupaten Pacitan. Keberadaannya akan diharapkan mampu  menarik perhatian wisatawan lokal, regional hingga nasional.

Museum dan galeri itu berdiri di atas lahan sekitar 1,5 hektare. Sedangkan bangunan total museum dan galeri seni keseluruhan sekitar 7.500 meter persegi.

Baca Juga: Demokrat Jatim Tegaskan Tak Pernah Minta Bantuan untuk Museum SBY-Ani

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya