Comscore Tracker

Rawan Longsor Susulan, Batu Besar di Magetan Diturunkan

Permintaan warga Wonomulyo yang Was-Was

Magetan, IDN Times - Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, TNI, Polri, dan warga Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol menurunkan sebongkah batu besar dari bukit yang longsor pada Rabu (24/11/2021). Upaya ini untuk mengurangi risiko jika nantinya terjadi longsor susulan. "Hal itu juga atas permintaan warga yang was - was," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magetan Ari Budi Santosa, Jumat (26/11/2021).

1. Mobil pemadam kebakaran dilibatkan

Rawan Longsor Susulan, Batu Besar di Magetan DiturunkanIlustrasi Daerah Rawan Longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Kekhawatiran warga terhadap potensi bencana alam itu lantaran dua rumah sempat tertimpa material longsor. Kondisinya rusak terutama pada bagian atap. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa itu. Hanya saja, nilai kerugian materialnya ditaksir sekitar Rp50 juta.

Untuk menghindari kejadian serupa kembali terjadi, warga berinisiatif menurunkan sebongkah batu besar dari bukit. Keinginan itu disampaikan dan disetujui petugas gabungan yang tengah melakukan pembersihan material longsor. Kemudian, dua mobil pemadam kebakaran (damkar) diterjunkan di sekitar lokasi pada Kamis (25/11/2021) sore.

Baca Juga: Dua Rumah di Magetan Rusak Tertimpa Tanah Longsor

2. Sempat terjadi longsor kecil

Rawan Longsor Susulan, Batu Besar di Magetan DiturunkanIlustrasi Longsor (IDN Times/Mardya Shakti)

Air dari tangki damkar disemprotkan ke batu seukuran mobil yang berada di atas bukit. Beberapa saat kemudian, batu besar itu terjun bebas dengan mulus. Tidak ada rumah maupun bangunan lain yang tertimpa. 
"(Diturunkannya batu besar) itu karena sudah sempat terjadi longsor kecil di dekat bongkahan batu tersebut. Sehingga warga meminta agar batu itu segera diturunkan," ujar Ari.

3. Ditemukan retakan di bukit

Rawan Longsor Susulan, Batu Besar di Magetan DiturunkanTanah longsor di Magetan. Dok. IDN Times/Istimewa

Memang, ia menyatakan longsor susulan berpotensi terjadi. Sebab, cuaca ekstrem masih berlangsung sebagai dampak pergantian musim."Apalagi, kami menemukan retakan di bukit yang longsor," ujar Ari.
Maka, pihak BPBD Magetan akan berkoordinasi dengan BPBD Jawa Timur untuk meneliti kondisi kontur tanah. Hasil dari penelitian itu akan dijadikan dasar untuk menentukan layak atau tidaknya kawasan bekas tanah longsor di Dusun Wonomulyo dijadikan permukiman.

Baca Juga: Khawatir Longsor Susulan, 31 Warga Ponorogo Mengungsi

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya