Comscore Tracker

Ruang Isolasi Penuh, Nakes RSUD dr Harjono Ponorogo Kelelahan

Video beredar viral

Ponorogo, IDN Times - Tenaga kesehatan (nakes) di RSUD dr.Harjono, Kabupaten Ponorogo kewalahan melayani pasien yang positif COVID-19. Apalagi, ruang isolasi warga yang terpapar virus Corona di fasilitas kesehatan itu telah penuh.

Video tentang nakes kelelahan pun menyebar. Salah satu cuplikannya nampak beberapa nakes menggunakan alat pelindung diri (APD) sebagian sedang duduk selonjoran di halaman Instalasi Gawat Darurat (IGD). Satu di antaranya bersandar pada pilar dan satunya lagi nampak melambaikan tangan. Sesekali dua orang nakes ini saling ngobrol kemudian melambai ke arah kamera.

1. Karena banyaknya pasien yang masuk

Ruang Isolasi Penuh, Nakes RSUD dr Harjono Ponorogo KelelahanTangkapan layar video viral nakes kelelahan di RSUD dr Harjono Ponorogo. Dok. Istimewa.

Kepala Sub Bagian Humas RSUD dr.Harjono, Suprapto membenarkan beredarnya video nakes kelelahan tersebut. Menurut dia, kondisi itu karena banyak pasien yang datang pada Sabtu (26/6/2021) kemarin. "Benar mas, karena kemarin pasien datang banyak sekali. Padahal ruang perawatan COVID-19 sudah penuh," kata Suprapto saat dihubungi IDN Times, Minggu (27/6/2021).

Baca Juga: Kesal Digugat Cerai Istri, Suami di Ponorogo Bongkar Rumahnya

2. Empat pasien masih menunggu di IGD

Ruang Isolasi Penuh, Nakes RSUD dr Harjono Ponorogo KelelahanTangkapan layar video viral nakes kelelahan di RSUD dr Harjono Ponorogo. Dok. Istimewa.

Menurut dia, jumlah pasien yang masuk pada Sabtu malam kemarin sebanyak 14 orang. Semalam, sebanyak dua di antaranya dapat masuk ke ruang isolasi. Kemudian, siang tadi delapan di antaranya telah masuk isolasi.

"Saat ini (sekitar pukul 14.00) masih tinggal empat pasien yang masih menunggu di IGD," ujar Suprapto.

3. Bakal menambah ruang isolasi

Ruang Isolasi Penuh, Nakes RSUD dr Harjono Ponorogo Kelelahanilustrasi ruang isolasi mandiri. Antara Foto/Zabur Karuru

Ruang isolasi pasien COVID-19 di RSUD dr Harjono, Ponorogo sebenarnya sudah sitambah. Bahkan, ruang inap Asoka yang semula untuk pasien umum juga dialihfungsikan sebagai tempat isolasi. Ini termasuk lorong ruangan tersebut. Ke depan, ruang isolasi bakal ditambah dengan menggunakan ruang inap Tulip. Fasilitas tempat tidur alias bed juga akan ditambah. 

Baca Juga: Umumkan Positif COVID-19, Bupati Ponorogo Kerja dari Ruang Isolasi

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya