Comscore Tracker

Santri Gontor Kembali Sumbang Jumlah Penderita COVID-19 di Ponorogo 

Delapan dari 11 penderita merupakan santri pondok itu 

Ponorogo, IDN Times – Santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Kampus 2 Ponorogo kembali menyumbang jumlah penderita COVID-19. Dalam rilisnya Senin (20/7/2020) sore, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, mengatakan bahwa penambahan kasus positif per hari ini sebanyak 11 penderita.

Sebanyak delapan di antaranya merupakan santri PMDG Kampus 2. Sedangkan tiga lainnya warga daerah kecamatan lain, di antaranya Slahung dan Sambit. “Dari sejumlah kasus akhir-akhir ii, Alhamdulillah ada satu yang dinyatakan sembuh, yaitu pasien nomor 80. Semoga pasien lainnya menyusul sembuh,” kata Ipong dalam keterangan tertulisnya.

1. Karantina santri dilakukan di Surabaya  

Santri Gontor Kembali Sumbang Jumlah Penderita COVID-19 di Ponorogo Suasana di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Ponorogo. Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Juru Bicara Satgas COVID-19 Gontor, Adib Fuadi Nuriz, mengatakan bahwa hingga Minggu (19/7/2020), jumlah santri yang telah dinyatakan negatif sebanyak 34 orang. Mereka telah selesai menjalani karantina di Rumah Sakit Lapangan Indrapura, Surabaya.

Adapun delapan santri yang juga terkonfirmasi positif COVID-19, masih dirawat di Surabaya. Selain itu, seorang lainnya dirawat di Ngawi. “Kami berterima kasih atas dukungan dan bantuan Gubernur, Pangdam, dan Kapolda Jawa Timur serta Satgas Pemprov sehingga proses pemulihan kesehatan para santri dapat berlagsung cepat dan efetif,” ujar Adib dalam rilisnya.

2. Tercatat sebanyak 42 kasus COVID-19 di Pondok Gontor 2

Santri Gontor Kembali Sumbang Jumlah Penderita COVID-19 di Ponorogo Ruangan yang dijadikan sebagai posko terpadu penanganan COVID-19 di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 di Ponorogo. Dok.IDN Times/Istimewa

Berdasarkan data, ia menjelaskan, jumlah santri PMDG Kampus 2 yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 42 orang. Mereka dirawat di Surabaya dalam empat gelombang yang terhitung sejak Minggu (12/7/2020) hingga Sabtu (18/7/2020).

Dari jumlah kasus itu sebanyak 34 santri telah dinyatakan sembuh. Sedangkan 42 lainnya masih dalam perawatan di Surabaya.

Baca Juga: Sempat Positif COVID-19, 10 Santri Gontor Dinyatakan Sembuh

3. Optimistis dapat menanggulangi 

Santri Gontor Kembali Sumbang Jumlah Penderita COVID-19 di Ponorogo Pintu gerbang Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 di Ponorogo. Dok.IDN Times/Istimewa

Dengan kondisi semacam itu, Adib menuturkan bahwa pihak PMDG Kampus 2 terus berupaya menanggulangi penyebaran COVID-19 di lingkungan pondok. Upaya yang dilakukan dengan mendisiplinkan protokol kesehatan dan menjalankan standar operasional prosedur yang ditetapkan Satgas .

“Semua kampus PMDG terus waspada. Kami optimistis dapat menanggulanginya,” ujar dia sembari menyatakan bahwa posko Satgas telah dibuat di lingkungan pondok.

Baca Juga: Sembuh dari COVID-19, 10 Santri Pesantren Gontor Jalani Karantina Lagi

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya