Comscore Tracker

Madiun Tak Lagi Berstatus Zona Hijau Usai Kedatangan 2 Warga Surabaya

Warga Surabaya itu positif COVID-19, kini dirawat di Madiun

Madiun, IDN Times - Kota Madiun berubah menjadi zona kuning, setelah sebelumnya dinyatakan zona hijau atau aman dari risiko penyebaran COVID-19. Perubahan tersebut diketahui melalui data resmi dari laman resmi infocovid19.jatimprov.go.id per Selasa (30/6).

Data itu menyebutkan terdapat 11 orang dinyatakan terkonfirmasi positif, 6 orang sembuh dan tidak ada yang meninggal dunia. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) tercatat sebanyak 27, sembuh 22, dan meninggal dunia 3 orang.

1. Kasus positif COVID-19 terbaru berasal dari dua warga Surabaya yang datang ke Madiun

Madiun Tak Lagi Berstatus Zona Hijau Usai Kedatangan 2 Warga SurabayaWali Kota Madiun, Maidi (dua dari kiri) saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan, Rabu (1/7). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan, sejumlah kasus positif COVID-19 di Kota Madiun berasal dari luar daerah. Bahkan, ada warga dari luar kota yang datang ke daerah setempat dalam kondisi terinfeksi virus corona.

“(Yang terbaru) dua orang berasal dari Surabaya. Karena diketahui positif di sini, maka tetap dirawat (di Kota Madiun) hingga sembuh,” ujar dia, Rabu (1/7).

Dengan kondisi seperti itu, ia menyatakan bahwa warga daerah setempat tetap berstatus zona hijau. Namun, secara kewilayahan termasuk zona kuning atau berisiko rendah dari penyebaran COVID-19.

Baca Juga: Ini Daftar Daerah Zona Kuning Virus Corona yang Beralih ke Zona Hijau

2. Penanganan dan pencegahan COVID-19 di Madiun diperketat

Madiun Tak Lagi Berstatus Zona Hijau Usai Kedatangan 2 Warga SurabayaMotor Tangguh Semeru yang di-launching di halaman Mapolres Madiun Kota untuk mendisiplinkan warga menerapkan protokol kesehatan, Rabu (1/7). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Meski demikian, Maidi menyatakan upaya penanganan dan pencegahan COVID-19 di Kota Madiun kian diperketat. Imbauan agar warga senantiasa menerapkan protokol kesehatan terus digalakkan.

Pihak kepolisian pun kini menggunakan motor tangguh untuk mendisiplinkan warga dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

“Dengan motor tangguh Semeru ini akan menyosialisasikan dan mendekat kepada masyarakat bahwa pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan hindari kerumunan harus benar-benar diterapkan,” jelas Maidi.

3. Kriteria suatu daerah dinyatakan zona hijau, kuning, oranye dan merah

Madiun Tak Lagi Berstatus Zona Hijau Usai Kedatangan 2 Warga SurabayaIlustrasi. Wali Kota Madiun Maidi (kanan) menyerahkan bantuan paket sembako kepada abang becak, Rabu (8/4). Dok.IDN Times/Istimewa

Adapun kriteria suatu daerah dinyatakan berstatus zona hijau, di antaranya tidak terdampak atau nol kasus COVID-19 dan tanpa ada pendatang terinfeksi dari zona merah. Sedangkan status zona kuning, jika daerah tersebut berisiko rendah penyebaran COVID-19 serta memiliki beberapa kasus penularan lokal, namun tanpa melalui penularan kelompok atau komunitas.

Untuk daerah berstatus oranye jika berisiko sedang penyebaran COVID-19, serta berdekatan dengan zona merah atau klaster penyebaran kecil. Adapun status zona merah, jika suatu daerah berisiko tinggi penyebaran COVID-19 yang penularannya tidak terkendali hingga mempertahankan transmisi penularan komunitas.

Baca Juga: Ini Daftar 23 Daerah Zona Kuning dan Zona Hijau COVID-19 di Jateng

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya