Comscore Tracker

Ada Posko Copet di Terminal Tirtonadi Solo, Apa Manfaatnya?

Sebagai sanksi sosial bagi pencopet

Solo, IDN Times -  Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, mempunyai posko unik yang didirikan selama arus mudik dan balik Lebaran 2019. Namanya posko copet atau tempat istirahat khusus untuk copet yang tertangkap saat menjalankan aksinya. Tempat itu sekaligus menjadi transit bagi para pencopet yang tertangkap sebelum diperiksa ke kantor polisi nantinya.

Baca Juga: [VIDEO] Tidak Hafal Medan, Pencopet Ini Malah Lari Ke Kantor Polisi

1. Posko copet menjadi ikon terminal Tirtonadi Solo setiap Lebaran

Ada Posko Copet di Terminal Tirtonadi Solo, Apa Manfaatnya?IDN Jateng/Nugroho Adi Purwoko

Posko copet atau tempat istirahat khusus copet ini selalu didirikan selama masa arus mudik dan balik di sekitar pintu masuk Terminal Tirtonadi sejak tahun 2016. Tujuannya adalah untuk menampung pencopet yang tertangkap sebelum diperiksa di kantor polisi. Beberapa tahun lalu, Terminal Tirtonadi memang dikenal banyak pencopetnya.

“Sejak ada posko itu, tidak ada lagi pencopet di sini. Mereka kapok karena tidak langsung dibawa ke kantor polisi, melainkan dipertontonkan dulu di sini. Mereka jadi malu sehingga gak mencopet lagi,” kata Kepala Terminal Tirtonadi, Joko Sutriyanto, Jumat (31/5).

2. Pencopet yang tertangkap dipajang seharian di posko copet

Ada Posko Copet di Terminal Tirtonadi Solo, Apa Manfaatnya?Instagram.com/officer_tirtonadi

Posko copet itu berupa tenda dengan ruangan seluas 2×2 meter persegi, didirikan di sekitar pintu masuk terminal. Di bagian belakang bertuliskan ‘Tempat Istirahat Copet’. Nah, copet yang tertangkap akan didudukkan dengan tangan diborgol di tenda tersebut selama sehari penuh. Tidak jarang copet menjadi tontonan orang-orang yang masuk atau keluar terminal.

“Posko itu sekaligus menjadi sanksi sosial untuk pencopet. Mereka akan malu dan akhirnya kapok tidak mencopet lagi,” ujar Joko.

3. Posko copet juga untuk mengingatkan penumpang agar selalu waspada

Ada Posko Copet di Terminal Tirtonadi Solo, Apa Manfaatnya?IDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Gagasan posko copet itu berasal dari Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, tiga tahun lalu. Sebab, saat itu banyak pencopet yang beroperasi di Terminal Tirtonadi sehingga membuat penumpang dan calon penumpang tidak merasa nyaman dan aman. Meski banyak pencopet yang tertangkap, namun hal itu tidak membuat jera pencopet lain.

“Satu-satunya yang membuat kapok mereka adalah sanksi sosial. Akhirnya ya didirikan posko copet ini. Cara ini terbukti ampuh karena sekarang tidak ada copet lagi,” ujar Rudy, sapaan karib Wali Kota Solo ini.

Rudy menambahkan posko copet itu juga untuk mengingatkan masyarakat agar selalu waspada dan hati-hati menjaga barang berharga masing-masing. Sebab, aksi kejahatan juga sering terjadi akibat lengahnya korban.

Baca Juga: Aneh, Pencopet Ini Berfoto dengan Korban Sebelum Beraksi

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya